Maarten Paes Ungkap Kisah Sukses Tahan Penalti Bintang Arab Saudi: Sudah Dipelajari Sebelumnya

oleh Hery Kurniawan diperbarui 03 Okt 2024, 19:00 WIB
Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes menepis tendangan penalti kapten Timnas Arab Saudi, Salem Aldawsari dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. (Instagram/martenpaes)

Bola.com, Jakarta - Maarten Paes menjalani laga debut yang impresif bersama Timnas Indonesia. Debut itu terjadi saat Skuad Garuda bermain di kandang Timnas Arab Saudi pada 6 September lalu.

Maarten Paes paling tidak melakukan tiga kali penyelamatan penting dalam laga yang digelar di Jeddah itu. Termasuk penyelamatan penalti dari bintang tuan rumah, Salem Aldawsari.

Advertisement

Pujian pun hadir dari Maarten Paes untuk Salem Aldawsari. Apalagi winger lincah itu memang memiliki reputasi yang baik selama ini baik di level klub maupun di Timnas Arab Saudi.

"Dia adalah pemain bintang mereka, Salem, dia bermain untuk Al Hilal dan mencetak gol indah melawan Argentina di Piala Dunia," ujar Maarten Paes di situs web resmi FC Dallas.

2 dari 4 halaman

Persiapan Maksimal

Maarten Paes jalani debutnya bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Arab Saudi pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Dok. X/FC Dallas)

Maarten Paes mengaku melakukan persiapan maksimal jelang laga melawan Timnas Arab Saudi. Termasuk mempelajari tendangan Salem Aldawsari.

Pada akhirnya Maarten Paes bergerak ke arah yang tepat. Kiper FC Dallas itu pun menepis tembakan Salem Aldawsari. Timnas Indonesia pun meraih hasil imbang 1-1 di kandang Timnas Arab Saudi.

"Untungnya, saya sudah mempersiapkan diri dengan sangat, sangat baik, saya tahu beberapa cara bagaimana dia akan menendang bola," ungkap Paes.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan Salem

Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho mengejar lari kencang dari winger andalan Timnas Arab Saudi, Salem Aldawsari dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. (x.com/SaudiNT_EN)

Maarten Paes kemudian menjelaskan kebiasaan Salem Aldawsari dalam melakukan eksekusi penalti. Ada dua kebiasaan yang kerap dilakukan Salem menurut Paes.

"Saya sudah mempelajarinya, dia memiliki dua jenis tendangan penalti, satu di mana dia berhenti, dan satu di mana dia melaju, lalu dia berhenti," jelasnya.

"Dan Anda melihat saya seperti bergerak sedikit, jadi saya hanya berdoa agar saya tidak bergerak dari garis saya. Untungnya, saya tetap sangat tenang dan kemudian menjalankan rencana dan melakukan penyelamatan," tandas Maarten Paes.

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara Grup C R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
 

Berita Terkait