Dimas Drajad Bersinar di Tengah Kepungan Striker Asing BRI Liga 1: Layak Jadi Starter Timnas Indonesia?

oleh Hery Kurniawan diperbarui 04 Okt 2024, 10:30 WIB
Timnas Indonesia - Ilustrasi Dimas Drajad (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Kerinduan akan sosok striker tajam di Timnas Indonesia sudah berlangsung lama. Keberadaan pemain keturunan pun belum bisa mengatasi persoalan itu.

Di tengah keringnya juru gedor di lini depan Timnas Indonesia, masih ada satu sosok striker yang sebenarnya masih bisa diandalkan. Sosok yang dimaksud adalah Dimas Drajad.

Advertisement

Permainan Dimas Drajad belakangan ini semakin menunjukkan peningkatan. Terutama setelah Dimas pindah dari Persikabo 1973 menuju Persib Bandung jelang bergulirnya musim 2024/2025.

Sejauh ini Dimas Drajad sudah berkontribusi pada empat gol di Persib Bandung. Dengan perincian dua gol dan dua assist di semua ajang.

Dimas Drajad pun tampak menemukan tim yang ia butuhkan. Striker berusia 27 tahun itu menemukan dukungan yang dibutuhkan dari para winger dan gelandang Persib Bandung.

2 dari 5 halaman

Pekerja Keras

Striker Persib Bandung, Muhammad Dimas Drajad, mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada pekan keenam BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (23/9/2024). (Bola.com/Erwin Snaz)

Sebagai seorang striker, Dimas Drajad sebenarnya kurang terlalu meyakinkan. Pemain asal Gresik, Jawa Timur itu hanya memiliki tinggi badan 178 cm.

Meski memiliki postur tergolong kecil, Dimas Drajad memiliki nilai lebih lain. Pemain yang pernah menimba ilmu di SAD Indonesia Uruguay adalah pemain yang mau bekerja keras.

Dimas Drajad terus meningkatkan kemampuannya. Baik dalam hal insting maupun kekuatan fisik untuk berduel dengan pemain belakang lawan.

Selain itu, penempatan posisi Dimas Drajad pun cukup baik. Sesuatu yang belakangan ini sangat ia andalkan.

3 dari 5 halaman

Opsi Utama

Pemain Timnas Indonesia, Muhammad Dimas Drajad memberikan penghormatan untuk penonton saat laga FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/09/2022). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Peningkatan performa Dimas Drajad seharusnya membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mulai berpikir untuk memberikan kesempatan Dimas bermain sebagai starter.

Diketahui, Timnas Indonesia akan menjalani dua laga tandang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Oktober ini. Skuad Garuda akan mengunjungi markas Bahrain dan China.

Selama ini Shin Tae-yong lebih percaya pada Rafael Struick untuk menemani Ragnar Oratmangoen di lini depan Timnas Indonesia. Tidak ada salahnya bagi Shin kali ini untuk memberikan kesempatan kepada Dimas Drajad.

Apalagi Rafael Struick baru saja pindah ke Australia untuk memperkuat Brisbane Roar. Struick pun belum merasakan kompetisi resmi di level klub bersama Brisbane

 

4 dari 5 halaman

Statistik Dimas Drajad*

Dua pemain Timnas Indonesia, Dimas Drajad (kanan) dan Rizky Ridho mengikuti sesi latihan di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024) sebagai persiapan jelang menghadapi Arab Saudi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Bola.com/Abdul Aziz)

Timnas Indonesia

  • 13 caps
  • 6 gol
  • 1 assist

Persib Bandung di Musim 2024/2025

  • 9 laga
  • 2 gol
  • 2 assist

*Hingga 3 Oktober 2024

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2024/2025

Berita Terkait