Kasih Kode, Frank Lampard Tertarik Melatih Timnas Inggris

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 04 Okt 2024, 06:00 WIB
Manajer tim Wolverhampton Wanderers, Julen Lopetegui (kiri) menyapa manajer tim Chelsea, Frank Lampard jelang dimulainya laga pekan ke-30 Liga Inggris 2022/2023 di Molineux Stadium, Wolverhampton, Sabtu (8/4/2023). (AP Photo/Rui Vieira)

Bola.com, Jakarta Mantan manajer Chelsea dan Everton, Frank Lampard berbicara tentang pekerjaan di Timnas Inggris.

Lampard adalah salah satu dari banyak nama yang dikaitkan dengan kursi panas yang ditinggalkan oleh Gareth Southgate.

Advertisement

Sementara Lee Carsley menjadi penanggung jawab sementara, Lampard mengakui bahwa pekerjaan itu akan menarik minat setiap orang Inggris dalam manajemen.

“Sebagai pemain Inggris yang bermain lebih dari 100 kali, dan orang Inggris yang sangat bangga – tentu saja, timnas Inggris adalah sesuatu yang pernah saya impikan," kata Lampard pada podcast The Sports Agents.

“Saya bermain berkali-kali untuk Inggris. Jadi, sekarang sebagai pelatih, Anda tahu, saya pikir saya akan gila jika berkata, 'Oh tidak, itu tidak akan pernah menarik minat saya.'”

"Itu harus menjadi sesuatu yang mereka inginkan dari saya, dan harus menjadi sesuatu yang ingin saya lakukan dan saya pikir saya dapat memberikan nilai tambah dengan cara apa pun," tegas Frank Lampard.

2 dari 3 halaman

Penerus Southgate

Gareth Southgate. Pelatih berusia 51 tahun yang masih menjabat sebagai pelatih Timnas Inggris ini sukses membawa Three Lions menjadi runner-up di ajang Euro 2020 lalu. Sebelumnya, ia pernah membesut Middlesbrough pada 2006 hingga 2009 dan Inggris U-21 pada 2013 hingga 2016. (AFP/Pool/Frank Augstein)

Inggris dan Gareth Southgate kembali gagal menyelesaikan Piala Eropa dengan manis. The Three Lions kalah dari Spanyol 1-2 dalam final Euro 2024 di Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Kegagalan itu sekaligus mengulangi memori tiga tahun lalu, saat Inggris juga gagal di final Euro edisi 2020 di kandang sendiri setelah kalah dari Italia di final.

Gareth Southgate memutuskan mundur dari posisi pelatih kepala Timnas Inggris, Selasa (16/7/2024) meski kontraknya masih tersisa sampai akhir tahun nanti.

Inggris tidak perlu khawatir dengan banyaknya kandidat yang layak menjadi pengganti Gareth Southgate.

3 dari 3 halaman

Lampard atau Gerrard?

Dua nama yang sedang dipertimbangkan oleh FA, namun juga dianggap tidak mungkin mendapatkan pekerjaan itu, adalah Frank Lampard dan Steven Gerrard.

Pasangan ini memiliki banyak pengalaman mengambil bagian dalam turnamen besar bersama negaranya dan telah memulai karier sebagai manajer setelah pensiun dari bermain. Mereka mempunyai hasil yang beragam sebagai pelatih, dengan Lampard menghabiskan waktu bersama Derby County, Chelsea dan Everton, sedangkan Gerrard mendapatkan gelarnya di Rangers, sebelum mengambil alih Aston Villa.

Gerrard sekarang menjadi pelatih kepala Al-Ettifaq di Arab Saudi. Mengingat tidak ada orang yang melihat terlalu banyak keberhasilan sebagai manajer, mereka tidak mungkin ditawari pekerjaan tersebut.