Kombinasi Gelandang Naturalisasi-Lokal di Timnas Indonesia, Bagaimana Pembagian Porsinya?

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 04 Okt 2024, 08:45 WIB
Kolase - Timnas Indonesia dan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pelan-pelan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah menemukan racikan terbaiknya di lini tengah dalam formasi 3-4-3 yang membawa keseimbangan dalam menyerang dan bertahan.

Dalam dua pertandingan terakhir Timnas Indonesia ketika imbang kontra Timnas Arab Saudi dan Timnas Australia, Ivar Jenner selalu bermain sebagai starter.

Advertisement

Gelandang Jong Utrecht di kasta kedua Liga Belanda itu berkolaborasi dengan Thom Haye saat berhadapan dengan Arab Saudi dan Nathan Tjo-A-On ketika melawan Australia.

Untuk dua pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober 2024, Shin Tae-yong memanggil 27 pemain, dengan lima pemain yang bisa berperan sebagai gelandang tengah.

2 dari 5 halaman

Lawan Belgia dan China

Pemain Timnas Indonesia, Thom Haye menguasai bola saat menghadapi Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kelimanya adalah Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Ricky Kambuaya, dan Marselino Ferdinan. Nama terakhir sebenarnya berposisi sebagai gelandang serang atau winger, namun juga bisa dipasang di pos lini tengah lainnya.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menghadapi tuan rumah Bahrain dalam matchday keempat Grup C di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024.

Sesudah itu, tim berjulukan Garuda ini bakal bertandang ke Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, untuk melawan China pada lima hari berselang.

3 dari 5 halaman

Rotasi 3 Pemain

Buat melawan Bahrain dan China, Shin Tae-yong kemungkinan masih akan mempertahankan rotasi Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, dan Thom Haye. Sementara, Ricky Kambuaya sebagai pelapis.

Kambuaya, yang mempunyai 37 caps sejak debut dengan Timnas Indonesia pada 2021, harus kehilangan tempat utamanya sejak gelombang pemain keturunan yang dinaturalisasi.

4 dari 5 halaman

Ricky Kambuaya Selalu Siap

Pemain asal Dewa United yang bertipikal petarung dan ngotot itu tidak pernah lagi bermain untuk Timnas Indonesia sejak empat bulan terakhir pada mulai Juni tahun ini.

Untuk Marselino Ferdinan, pemain berusia 20 tahun itu diperkirakan dipersiapkan untuk menjadi back-up winger Timnas Indonesia yang biasanya diisi Ragnar Oratmangoen dan Witan Sulaeman, ditambah kehadiran Eliano Reijnders.

5 dari 5 halaman

Daftar 27 Pemain Timnas Indonesia Vs Bahrain dan China

Kiper: Maarten Paes, Ernando Ari, Nadeo Argawinata

Bek: Jordi Amat, Wahyu Prasetyo, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Calvin Verdonk, Rizky Ridho, Shayne Pattynama, Jay Idzes, Sandy Walsh, Mees Hilgers, Eliano Reijnders, Muhammad Ferarri

Gelandang: Ricky Kambuaya, Nathan Tjoe-A-On, Egy Maulana Vikri, Thom Haye, Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan

Penyerang: Ragnar Oratmangoen, Hokky Caraka, Rafael Struick, Malik Risaldi, Dimas Drajad

Berita Terkait