Bikin Geger, Bruno Fernandes Dapat 2 Kartu Merah dalam 5 Hari: Benarkah Akibat Kurang Kontrol dan Frustrasi?

oleh Aning Jati diperbarui 04 Okt 2024, 11:09 WIB
Pemain Manchester United, Bruno Fernandes, mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran mengangkat kaki terlalu tinggi saat berduel dengan pemain FC Porto, Nehuen Perez, pada matchday 2 Liga Europa 2024/2025 di Estadio do Dragao, Jumat (4/10/2024). (AFP/Miguel Riopa)

Bola.com, Jakarta - Kapten MU, Bruno Fernandes, dikeluarkan dari lapangan untuk kedua kalinya dalam dua pertandingan berturut-turut saat Setan Merah membuang keunggulan 2-0 untuk bermain imbang 3-3 melawan Porto di Europa League, Jumat dini hari WIB (4/10/2024).

Pasukan Erik ten Hag memegang kendali permainan saat Marcus Rashford dan Rasmus Hojlund membawa timnya unggul dua gol dalam 20 menit pertama.

Advertisement

Kekalahan di depan mata, dengan Porto memimpin dalam lima menit pertama babak kedua. Saat MU mengejar untuk menyamakan kedudukan dan berpotensi menyelamatkan nasib pelatih mereka, kapten mereka mendapat masalah karena menerima kartu kuning kedua.

Gelandang asal Portugal itu dikeluarkan dari lapangan karena pelanggaran yang dapat menyebabkan kartu kuning kedua.

Saat MU berusaha menyamakan kedudukan di Estadio do Dragao, Alejandro Garnacho, yang masuk menggantikan Marcus Rashford, melepaskan umpan berbahaya dari sisi kiri ke kotak penalti Porto.

Bruno Fernandes menyerbu untuk menyentuh bola, tetapi saat melakukannya ia bertabrakan dengan bek Porto Neuhen Perez dengan kaki yang tinggi.

Kendati tayangan ulang menunjukkan bahwa kontak tersebut minimal, Bruno Fernandes, yang sudah mendapat kartu kuning untuk insiden serupa di awal pertandingan, dikeluarkan dari lapangan.

 

2 dari 3 halaman

Tak Dapat Dibanding

Ini menjadi kartu merah kedua secara beruntun bagi Fernandes. Sebelumnya, ia mendapat kartu merah saat Manchester United kalah 0-3 dari Tottenham di Premier League. (AP Photo/Luis Vieira)

Meski keputusan kontroversial tersebut akan diperdebatkan seperti halnya kartu merah Fernandes karena melakukan pelanggaran terhadap James Maddison, kartu merah tersebut tidak akan dibatalkan seperti halnya kartu merah sebelumnya karena MU tidak dapat mengajukan banding atas dua kartu kuning.

Pengusiran tersebut tampaknya menjadi pukulan terakhir bagi United dan Erik ten Hag, dengan kekalahan yang pasti membuatnya hampir dipecat.

Namun, ironisnya, orang yang diambil ban kaptennya oleh bintang Portugal tersebut menjadi penyelamat MU, saat Harry Maguire mencetak gol sundulan di masa tambahan waktu untuk menyelamatkan satu poin bagi Setan Merah.

Akibat kartu merah tersebut, Fernandes akan absen dalam perjalanan ke klub raksasa Turki Fenerbahce, yang akan menjadi pertemuan yang lebih menarik dengan mantan bos MU, Jose Mourinho, sebagai orang yang memegang kendali di Stadion Sukru Saracoglu.

3 dari 3 halaman

Kurang Kontrol dan Frustrasi

Hasil minor ini membuat Manchester United belum mampu meraih kemenangan di League Phase Liga Europa musim ini. Mereka berada di posisi ke-21 dengan koleksi dua poin. (AP Photo/Luis Vieira)

Dua kartu merah yang diterima Bruno Fernandes hanya dalam rentang lima hari memicu reaksi dari berbagai kalangan, termasuk dari pemerhati dan komentator sepak bola.

Pundit Inggris, Karen Carney, mengkritisi penampilan Fernandes dengan menilainya 'kurang kontrol' dan 'menunjukkan rasa frustrasi'.

Kartu kuning yang diterima Fernandes pada laga melawan Porto juga dinilainya pantas diterima dengan pelanggaran yang dilakukan pemain berusia 30 tahun itu.

"Oke, dia melakukan kesalahan beberapa hari lal,u tetapi sekarang kapten Manchester United itu menerima dua kartu merah berturut-turut. Itulah elemen kontrol yang Anda butuhkan dan itu tidak ada di sana malam ini," kritik Carney.

'Itu frustrasi. Saya frustrasi setiap kali menonton mereka. Saya tidak bisa membayangkan bermain di sana. Jika kapten tidak bisa mengendalikan diri, itu mungkin cara untuk menunjukkan rasa frustrasinya. Anda tidak bisa mengabaikannya. Itu frustrasi," imbuh Carey, yang juga mantan pemain putri Timnas Inggris ini.

 

Sumber: Give Me Sport, Daily Mail

Berita Terkait