Ada Kejutan dalam Daftar 26 Pemain Timnas Australia untuk Laga Melawan China dan Jepang di R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

oleh Aning Jati diperbarui 04 Okt 2024, 12:45 WIB
Federasi sepak bola Australia resmi menunjuk Tony Popovic, sebagai pelatih Timnas Australia yang baru pada Senin 23 September 2024. (DAVID GRAY/AFP)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Australia, Tony Popovic, mengumumkan 26 pemain untuk pertandingan melawan China dan Jepang dalam putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertandingan melawan China akan berlangsung di Adelaide Oval, Adelaide, Kamis (10/10/2024), sedangkan melawan Jepang akan digelar di Stadion Saitama 2002, Tokyo, Selasa (15/10/2024). 

Advertisement

Ini merupakan periode sibuk bagi Popovic, yang baru saja mengambil alih posisi sebagai pelatih Timnas Australia sekitar dua minggu lalu.

Selama waktu itu, ia telah merangkul tim pelatih dan staf pendukung yang berpengalaman, serta memilih pemain-pemain untuk melanjutkan perjalanan di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Satu di antara pemain yang mendapat panggilan ke timnas adalah Massimo Luongo. Ini menjadi kejutan lantaran pemain Ipswich Town FC ini sudah mengumumkan pensiun dari sepak bola internasional pada akhir 2023.

Luongo turut andil dalam promosi Ipswich ke Premier League dan kini siap bergabung kembali dengan Socceroos.

Lalu, ada Nishan Velupillay (Melbourne Victory FC), yang baru mendapat panggilan gabung timnas senior untuk kali pertama ini. Ia akan bergabung dengan dua rekannya di Melbourne Victory FC, Daniel Arzani dan Jason Geria, yang terakhir kali tampil untuk Socceroos delapan tahun lalu.

Pemain lainnya, seperti Gianni Stensness (Viking FK) telah pulih dari cedera ACL dan siap bergabung, sementara Jordy Bos (K.V.C Westerlo) juga kembali ke Timnas Australia setelah sembuh dari cedera hamstring.

2 dari 4 halaman

Tingkatkan Ambisi dan Permainan

Bek Timnas Australia, Harry Souttar (atas) memenangi duel udara dengan striker Korea Selatan, Cho Gue-sung pada laga perempatfinal Piala Asia 2023 di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Jumat (2/2/2024) malam waktu setempat. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Tony Popovic menyampaikan antusiasmenya untuk bekerja dengan para pemain ketika mereka tiba di Adelaide, lokasi training camp.

"Kami berada di awal perjalanan yang menarik, dan merupakan kehormatan bagi saya untuk memimpin kelompok pemain ini," ujarnya.

"Jeda Oktober ini menawarkan peluang besar untuk menunjukkan peningkatan, baik dalam hal ambisi maupun kualitas permainan kami. Waktu di training camp ini sangat penting karena akan meletakkan dasar bagi kesuksesan kami di masa depan," tambah Popovic.

Dari dua pertandingan di Grup C, Timnas Australia berada di peringkat kelima klasemen sementara dengan poin satu. Ini jadi pukulan bagi tim sebesar Australia.

Pelatih Graham Arnold pun memutuskan mundur setelah menerima tekanan akibat performa Socceroos yang dinilai tak menggigit. Ia lantas digantikan Tony Popovic.

 

Sumber: socceroos.com

3 dari 4 halaman

Daftar 26 Pemain Timnas Australia

Kiper Brighton & Hove Albion, Mat Ryan, berusaha mengadang tendangan Jamie Vardy. (AFP/Darren Stales)

Kiper: Joe Gauci (Aston Villa), Paul Izzo (Randers FC), Daniel Arazani (Melbourne Victory), Mat Ryan (AS Roma)

Belakang: Aziz Behich (Melbourne City), Jordy Bos (K.V.C Westerlo), Cameron Burgess (Ipswich Town), Thomas Deng (Albirex Niigata), Jason Geria (Melbourne Victory), Lewis Miller (Hibernian FC), Kye Rowles (Heart of Midlothian), Gianni Stensness (Viking FK), Harry Souttar (Sheffield United)

Tengah: Keanu Baccus (Mansfield Town), Craig Goodwin (Al Wehda), Nestory Irankunda (Bayern Munchen), Jackson Irvine (St Pauli), Massimo Luongo (Ipswich Town), Connor Metcalfe (St. Pauli), Aiden O'Neill (Standard de Liège), Nishan Velupillay (Melbourne Victory), Sam Silvera (Portsmouth)

Depan: Ajdin Hrustic (U.S. Salernitana 1919), Riley McGree (Middlesbrough), Mitchell Duke (FC Machida Zelvia), Apostolos Stamatelopoulos (Motherwell)

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 

Berita Terkait