UEFA Nations League: Tanpa Griezmann, Prancis Istirahatkan Kylian Mbappe

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 04 Okt 2024, 17:15 WIB
Bintang Prancis, Kylian Mbappe usai timnya kalah dari Spanyol dan tersingkir di semifinal Euro 2024. Photo/Antonio Calanni)

Bola.com, Jakarta Kylian Mbappe dan Antonie Griezmann tak masuk dalam Timnas Prancis untuk pertandingan UEFA Nations League.

Griezmann yang sudah memutuskan pensiun tidak dapat kembali merumputut bersama Les Bleus. 

Advertisement

Sementara Mbappe, meskipun telah pulih dari cedera pekan ini tetap tidak diikut sertakan dalam skuad Timnas Prancis.

Penyerang Real Madrid itu sebelumnya absen saat timnya bermain imbang 1-1 melawan Atletico Madrid pada Minggu lalu karena cedera paha, tetapi ia kembali bermain sebagai pengganti dalam kekalahan mengejutkan 0-1 dari Lille di Liga Champions.

2 dari 4 halaman

Mengistirahatkan Kylian Mbappe

Antoine Griezmann resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional. Tampak dalam foto, pemain depan timnas Prancis, Antoine Griezmann (kiri) bersama Kylian Mbappe saat merayakan gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola Grup D Piala Dunia Qatar 2022 melawan Denmark di Stadion 974 di Doha pada 26 November 2022. (FRANCK FIFE/AFP)

Meskipun telah pulih dari cederanya, pelatih kepala Prancis Didier Deschamps memilih untuk mengistirahatkan dan tidak menyertakan pemain berusia 25 tahun tersebut dalam skuad untuk menghadapi Israel dan Belgia. 

"Saya sudah berbicara dengan Kylian. Dia punya masalah, tapi tidak serius. Saya tidak ingin mengambil risiko, itulah alasan dia tidak masuk skuad," kata Deschamps kepada wartawan di Paris. 

Mbappe telah mencetak tujuh gol dalam 10 penampilan sejak bergabung dengan Real Madrid pada musim panas lalu. Rekor baik Mbappe, tentu ketidak hadirannya akan membuat Deschamps kesulitan. 

3 dari 4 halaman

Kehilangan Griezmann

Selain Mbappe pemain lain yang juga absen adalah Antoine Griezmann, yang mengumumkan pensiun dari sepak bola internasional beberapa waktu lalu. Griezmann telah berkontribusi banyak untuk Prancis, kehadirannya membuat Prancis berhasil menyabet gelar Piala Dunia pada tahun 2018 dan UEFA Nations League pada tahun 2021.

"Dia memberikan pengaruh yang begitu besar sehingga kami tidak bisa bermain dengan cara yang sama," ujar Deschamps tentang kepergian Griezmann, yang pensiun di usia 33 tahun setelah mencatatkan 137 penampilan untuk timnas Prancis.

"Saya mungkin tidak akan mengubah sistem, tetapi saya tidak akan mencari pemain yang setara."

4 dari 4 halaman

Siapkan Nkuku dan Olise

Keputusan Didier Deschamps mengistirahatkan Mbappe, membuat  Deschamps harus memutar otak. Ia memutuskan untuk memanggil ujung tombak Chelsea Christioper Nkuku yang sedang berada diperforma yang bugar. Nkuku sudah mengoleksi tujuh gol dalam seluruh pertandingan bersama Chelsea untuk musim 2024/2025.

Selain Christioper Nkuku Deschamps juga memanggil Michael Olise untuk pertama kalinya ditimnas senior. Olise saat ini tampil menjanjikan bersama Bayern Munich setelah dibeli dari Crystal Palace musim panas lalu, Olise kerap berkontribusi dengan baik. Michael Olise telah menorehkan lima gol dan tiga assist dalam seluruh pertandingannya bersama Bayern Munich. 

Keduanya akan berkerjasama dengan pemain yang sudah langganan mengisi posisi lini serang Prancis seperti Ousmane Dembele, Randal Kolo Muani dan Marcus Thuram. 

Prancis akan menghadapi Israel pada Kamis, 10 Oktober di Budapest karena masalah keamanan di Timur Tengah. Setelah itu, mereka akan bertandang ke Belgia di Brussels pada Senin, 14 Oktober pada gelaran UEFA Nations League. 

Les Bleus saat ini berada di posisi kedua Grup 2 Liga A dengan tiga poin setelah dua pertandingan, sementara Italia memimpin dengan enam poin.

Berita Terkait