Rapor Bahrain Vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Yakin Bisa Imbangi Bahkan Ungguli Tuan Rumah

oleh Aning Jati diperbarui 05 Okt 2024, 07:15 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Bahrain Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melawat ke Riffa untuk menghadapi Timnas Bahrain pada Kamis (10/10//2024). Pertandingan ini merupakan matchday ketiga grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

 

Advertisement

Timnas Indonesia dan Bahrain tergabung di grup C putaran ketiga zona Asia ini bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, dan China.

Tim Garuda menempuh perjalanan sedikit berbeda dari Bahrain, hingga bisa mencapai putaran ketiga.

Perjuangan Tim Garuda dimulai dari putaran pertama zona Asia, yakni menghadapi Brunei Darussalam. Sementara Bahrain, menunggu di putaran kedua. Yap, Bahrain tak perlu melakukan kualifikasi dari putaran pertama.

Jelang pertemuan kedua tim, menarik untuk membongkar kembali rekam jejak kedua tim di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini.

Siapa saja yang pernah menguji Timnas Indonesia maupun Bahrain, hingga tergabung di grup C putaran ketiga.

2 dari 6 halaman

Putaran Pertama Zona Asia

Timnas Indonesia kembali melanjutkan ketajamannya saat menghadapi Brunei Darussalam pada laga leg kedua putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10/2023) malam WIB. Hokky Caraka dkk kembali mengulang hasil pada leg pertama dengan keunggulan 6-0. Kali ini keenam gol Timnas Grauda dihasilkan oleh brace Hokky Caraka, sementara empat gol lagi masing-masing dicetak oleh Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Rizky Ridho dan Ramadhan Sananta. Dengan hasil ini pasukan Shin Tae-yong dipastikan lolos ke putaran kedua dan akan tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam dan Filipina. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia mengawali perjuangan panjang untuk tampil di Piala Dunia 2026 dengan tampil di putaran pertama zona Asia.

Tim Garuda berada di pot satu dan setelah pengundian, Indonesia jumpa Brunei Darussalam. 

Dalam dua perjumpaan tersebut, yakni laga kandang dan tandang, Indonesia yang ketika itu sudah dilatih Shin Tae-yong, menggulung Brunei dengan agregat gol 12-0.

Di pertemuan pertama (partai kandang pada 12 Oktober 2023) Indonesia menang telak 6-0. Skor sama terulang kembali ketika Marc Klok dkk. menjalani laga tandang ke Brunei, pada 17 Oktober 2023.

Indonesia pun berhasil melanjutkan langkah di putaran kedua zona Asia.

3 dari 6 halaman

Putaran Kedua Zona Asia

Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat (bawah) terjatuh saat berusaha mengadang laju pemain Irak, Aymen Hussein pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Di putaran kedua zona Asia ini, Bahrain sudah 'menanti'. Tak hanya Bahrain, negara-negara unggulan atau seeded sudah mulai bergabung.

Untuk membagi grup, pengundian dilakukan berdasarkan ranking FIFA per Juli 2023. Hasilnya, Indonesia berada di pot paling 'buncit', yakni pot 4. Pot yang berisikan negara-negara dengan ranking FIFA besar. Di sini, Bahrain berada di pot dua.

Total ada 36 tim peserta putaran kedua, yang dibagi ke dalam sembilan grup.

Undian pun dilakukan, menghasilkan Indonesia berada di grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Sedangkan Bahrain berada di grup H bersama Uni Emirat Arab, Yaman, dan Nepal.

Perjalanan di putaran kedua berlangsung dari 16 November 2023-11 Juni 2024.

Hasilnya, pastinya Indonesia dan Bahrain sama-sama lolos ke putaran ketiga! Namun, yuk simak perjalanan kedua tim di putaran kedua.

 

4 dari 6 halaman

Perjuangan di Putaran Kedua

Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (tengah) berusaha melewati dua pemain Vietnam, Phan Tuan Tai (kanan) dan Pham Xuan Manh pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)  

Pertandingan putaran kedua zona Asia berlangsung dengan sistem kandang-tandang. Jadi, setiap peserta menjalani enam pertandingan di grup masing-masing.

Total poin yang dikumpulkan Indonesia dan Bahrain di fase ini, tak jauh beda lho. Dari enam pertandingan, total perolehan poin Ramadhan Sananta cs. adalah 10, sedangkan poin Bahrain 11. Kedua tim juga sama-sama finis di peringkat kedua grup masing-masing.

Dari mana poin-poin tersebut? Simak, selengkapnya berikut ini ya!

Timnas Indonesia:

  • Irak vs Indonesia 5-1
  • Filipina vs Indonesia 1-1
  • Indonesia vs Vietnam 1-0
  • Vietnam vs Indonesia 0-3
  • Indonesia vs Irak 0-2
  • Indonesia vs Filipina 2-0

Dari situ terlihat Indonesia memenangi tiga pertandingan dan sekali bermain imbang, dengan gol memasukkan sebanyak delapan gol, tetapi juga kebobolan delapan gol.

Timnas Yaman:

  • Yaman vs Bahrain 0-2
  • Bahrain vs Uni Emirat Arab 0-2
  • Nepal vs Bahrain 0-5
  • Bahrain vs Nepal 3-0
  • Bahrain vs Yaman 0-0
  • Uni Emirat Arab vs Bahrain 1-1

Dari situ terlihat Bahrain memenangi tiga pertandingan dan dua kali bermain imbang, dengan gol memasukkan sebanyak 11 gol, dan hanya kebobolan tiga gol. 

5 dari 6 halaman

Hasil di Grup C

Pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, berebut bola dengan pemain Australia, Harry Soutar, pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Jelang pertemuan kedua tim di Riffa, perjalanan di fase-fase sebelumnya termasuk dua pertandingan yang telah dilakoni di putaran ketiga, pasti menjadi modal berharga.

Saat ini di grup C, Timnas Indonesia berada di posisi keempat klasemen sementara dengan poin dua, memasukkan dan kemasukkan masing-masing satu gol, sementara Bahrain satu setrip di atas Tim Garuda, dengan poin tiga. Catatan gol pasukan Dragan Talajic ini adalah -4 (hanya memasukkan satu gol, tetapi kebobolan lima gol).

Simak hasil pertandingan Timnas Indonesia dan Bahrain di grup C sejauh ini:

Timnas Indonesia:

 

  • Arab Saudi vs Indonesia 1-1
  • Indonesia vs Australia 0-0

Timnas Bahrain:

  • Australia vs Bahrain 0-1
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Melihat rekam jejak sejauh ini, pertandingan di Riffa diprediksi berjalan seru. Anda siap jadi saksinya?

6 dari 6 halaman

Klasemen Grup C Putaran Ketiga Piala Dunia 2026 Zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
 

Berita Terkait