Pertahanan Timnas Indonesia Jelang Vs Bahrain dan China: Tembok Baru Hadir, Semoga Maarten Paes Fit!

oleh Choki Sihotang diperbarui 05 Okt 2024, 05:30 WIB
Timnas Indonesia - Dua Bek Tangguh Timnas Indonesia: Rizki Ridho dan Jay Idzes (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Persiapan Timnas Indonesia jelang bentrok kontra Bahrain bisa dibilang sudah mencapai 100 persen. Maju tak gentar, skuad Garuda siap meraih kemenangan.

Sebanyak 27 pemain akan diangkut dan jika tak ada aral melintang Shin Tae-yong dan semua pasukannya akan terbang ke Bahrain pada Sabtu (5/9/2024) malam WIB.

Advertisement

"Setelah makan malam, kita langsung terbang ke Bahrain dari Soekarno-Hatta," kata Sumardji, Ketua Badan Tim Nasional (BTN).

Pekan yang sangat melelehkan tentunya, mengingat sejumlah pemain seperti Jay Idzes, Calvin Verdonk, dan Thom Haye masih membela klubnya masing-masing di kompetisi domestik pada Sabtu dini hari.

Duel versus Bahrain dijadwalkan mentas di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober.

Berbeda dari laga sebelumnya, kali ini starting XI Timnas Indonesia mengalami perubahan. Dua pemain naturalisasi anyar, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, dipastikan jadi starter. Tak hanya melawan Bahrain, tapi juga China pada 15 Oktober.

2 dari 4 halaman

Tembok Baru Mees Hilgers

Ilustrasi - Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Khusus Mees Hilgers, kehadiran bek kepunyaan Twente, Belanda, bakal membuat jantung pertahanan Indonesia lebih solid dan kokoh.

Peran krusial Mees Hilgers sudah teruji di kasta tertinggi Belanda, Eredivisie. Hingga pekan kedelapan musim ini, pemain berdarah Manado, Sulawesi Utara, nyaris tak tergantikan.

Ia juga menjadi sosok paling disorot kala Twente memaksa Manchester United bermain imbang 1-1 dalam laga Liga Europa 2024/2025 di Old Trafford beberapa waktu lalu. Bermain hingga laga usai, Mees Hilgers membuat penyerang-penyerang tuan rumah tak berkutik dan frustrasi.

Jika Shin Tae-yong menerapkan formasi 3-4-3, maka Mees Hilgers bersama dua tukang jagal andalan lainnya yakni Jay Idzes dan Rizky Ridho akan sangat menentukan hasil akhir melawan Bahrain maupun China.

Dengan kata lain, sukses tidaknya Indonesia membawa pulang kemenangan atau minimal hasil imbang sangat ditentukan oleh ketiga defender ini.

3 dari 4 halaman

Berkaca Laga Sebelumnya

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes, berusaha menghalau bola saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Berkaca dari dua laga sebelumnya, saat bermain imbang melawan Arab Saudi dan Australia, Jay Idzes dan Rizky Ridho serta penambahan Mees Hilgers kudu membuat Skuad Garuda lebih percaya diri tinggi.

Meski begitu, ketiganya kudu tetap ekstra waspada. Soalnya, Bahrain dan China, selain berstatus tuan rumah, juga dihuni sederet tukang gedor tak boleh dipandang sebelah mata.

Bahrain punya dua tombak yang kudu ditangkal karena kecepatan dan kelihaiannya mencari ruang tembak. Keduanya adalah Mahdi Abduljabbar serta Komail Al Aswad. Dalam dua laga terdahulu, Mahdi Abduljabbar dan Komail Al Aswad memang belum mencetak sebiji gol pun. Inilah yang harus diwaspadai Mees Hilgers cs. di lini belakang, karena bukan tak mungkin kritikan akan membuat Mahdi Abduljabbar dan Komail Al Aswad kian bernafsu mencetak gol.

4 dari 4 halaman

Pantauan Lawan

Seperti halnya Bahrain, China juga tengah dilanda kegalauan menyusul dua hasil buruk pada laga sebelumnya. Mereka kalah 1-2 dari Arab Saudi, lalu dihajar Jepang tujuh gol tanpa balas.

Kondisi tersebut membuat China yang diarsiteki Branko Ivanković bernazar akan menjadikan Indonsia sebagai pelampiasan.

Untuk merealisakan target, Branko Ivanković masih mengandalkan duo striker kesayangannya, Wu Lei dan Fei Nanduo.

Jadi betapa beratnya beban yang akan dipikul Mees Hilgers, Jay Idzes, juga Rizky Ridho.

Tapi, melihat performa mereka yang terus meroket, rakyat Indonesia hakulyakin ketinganya bisa menjalankan tugas dengan lancar tanpa kendala berarti. Amin!

Berita Terkait