Ulasan Kans Timnas Indonesia Vs Bahrain di R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: 3 Poin Cukup Realistis

oleh Ana Dewi diperbarui 05 Okt 2024, 08:45 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Bahrain Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bersiap menghadapi Timnas Bahrain pada laga ketiga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Duel kedua tim berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024).

Setelah berjumpa Bahrain, tim berjulukan Garuda itu dijadwalkan berjumpa Timnas China. Pertandingan dimainkan di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, Selasa (15/10/2024).

Advertisement

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyertakan 27 nama dalam lawatan kali ini. Termasuk duo pemain berdarah Indonesia-Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, yang belum lama ini menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Shin Tae-yong juga kembali memanggil winger Persebaya Surabaya, Malik Risaldi. Plus Jordi Amat yang sembuh dari cedera. Sementara itu, dua pemain yang dicoret dari Timnas Indonesia adalah Justin Hubner dengan alasan cedera serta Ramadhan Sananta.

 

 

2 dari 4 halaman

Butuh Kerja Ekstra Keras

Pemain Australia, Jackson Irvine, duel udara dengan pemain Timnas Indonesia, Ivar Jenner, pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Timnas Indonesia berada di peringkat keempat klasemen Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan torehan dua poin. Adapun posisi teratas dihuni Jepang dengan nilai enam.

Kemudian Arab Saudi di urutan kedua dengan koleksi empat angka. Disusul Bahrain dengan tiga poin dan Australia dengan satu angka. Sementara itu, posisi buncit ditempati China dengan nol poin.

Pengamat sekaligus pelatih sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto, menilai persaingan di Grup C cukup ketat dan kompetitif. Menurutnya, setiap pertandingan akan membutuhkan kerja keras dan kekompakan dari elemen tim.

"Persaingan di grup memang cukup berat dengan beberapa tim yang menjadi langganan Piala Dunia, termasuk Bahrain. Setiap pertandingan pastinya akan membutuhkan kerja ekstra keras untuk bisa bersaing di grup ini," ujarnya kepada Bola.com, Jumat (4/10/2024) malam.

 

3 dari 4 halaman

3 Poin Cukup Realistis

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes menepis tendangan penalti kapten Timnas Arab Saudi, Salem Aldawsari dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. (Instagram/martenpaes)

Timnas Indonesia tentu menargetkan kemenangan saat tanding di Bahrain. Erwan Hendarwanto menyebut, tiga poin menjadi target yang realistis untuk diraih. Performa Garuda di dua pertandingan awal lalu membuat asisten pelatih PSIM Yogyakarta begitu optimistis.

"Bukan meremehkan Bahrain namun menjadi realistis manakala Timnas Indonesia menargetkan kemenangan pada pertandingan ini," kata Erwan Hendarwanto.

"Meskipun secara peringkat Timnas kita masih kalah jauh namun saya yakin Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan," sambung arsitek asal Magelang, Jawa Tengah itu.

4 dari 4 halaman

Menambah Kepercayaan Diri

Timnas Indonesia - Deretan Pemain Naturalisasi Andalan STY Saat Indonesia Bertandang ke Markas Arab Saudi (Bola.com/Adreanus Titus)

Tim Merah-Putih mendapatkan tambahan amunisi baru pada kualifikasi kali ini. Belum lama ini, Timnas Indonesia merampungkan proses naturalisasi dua pemain keturunan yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Kedua pemain tersebut berpeluang besar menjalani debut ketika Timnas Indonesia bersua Bahrain dan China. Kehadiran mereka tentu akan berdampak positif bagi skuad Garuda.

"Dengan tambahan dua pemain bisa jadi akan menambah kepercayaan diri seluruh pemain meskipun juga membutuhkan adaptasi," ucap Erwan Hendarwanto.

"Tapi dengan pengalaman internasional keduanya mudah-mudahan masalah adaptasi tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa menyatu dengan skema dan permainan tim," pungkasnya.

Berita Terkait