Satu Striker Asing PSIS Mulai Pulih dari Cedera, Problem Akut di Lini Depan Dapat Teratasi?

oleh Radifa Arsa diperbarui 05 Okt 2024, 10:00 WIB
PSIS Semarang mendatangkan Evandro Brandao, mantan penyerang Timnas Angola. (Dok PSIS)

Bola.com, Jakarta - PSIS Semarang mendapatkan angin segar di tengah jeda kompetisi BRI Liga 1 2024/2025. Satu di antara pemain asingnya di lini depan yang mengalami cedera sudah memperlihatkan tanda-tanda pemulihan yang positif.

Perjuangan PSIS Semarang pada awal musim ini memang cukup menantang. Tim yang dijuluki Mahesa Jenar itu harus kehilangan sejumlah amunisi yang diharapkan menjadi mesin gol. Nama yang pertama ialah Sudi Abdallah.

Advertisement

Striker Timnas Burundi itu langsung dipastikan menepi cukup lama karena mengalami cedera lutut. Yang lebih mengenaskan, cedera itu dialami Abdallah ketika baru mengukir laga pertamanya di BRI Liga 1 2024/2025.

Pemain asing yang direkrut untuk menambal kekosongan tersebut, Evandro Brandao, juga tak kalah ngenes. Saat baru berlatih, Brandao juga langsung mengalami cedera. Sampai saat ini, ia masih belum mengukir menit bermain bersama PSIS Semarang.

 

2 dari 5 halaman

Satu Pemain Sembuh

Selebrasi pemain Rans Nusantara FC, Evandro Brandao (kanan) setelah mencetak gol pertama ke gawang Persija Jakarta pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (22/10/2023) malam WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Dokter PSIS Semarang, Radityo Haryo, memberikan kabar gembira di tengah krisis pemain di lini depan tersebut. Dia mengatakan, Brandao sudah mulai memperlihatkan progres pemulihan yang positif.

Eks pemain RANS Nusantara FC itu sudah membaik. Hanya saja, sang pemain harus berjuang untuk mengembalikan kebugarannya sebelum bisa memperkuat Tim Mahesa Jenar pada lanjutan BRI Liga 1 2024/2025.

“Kondisi Evandro Brandao sudah mulai bagus. Artinya, dia saat ini tinggal menjalani proses mengembalikan kondisi fisik dan beradaptasi dengan rekan-rekan setimnya. Kami berharap, dia sudah bisa tampil melawan Persija,” ujar Radit.

 

3 dari 5 halaman

Minim Produksi Gol

Pemain PSIS Semarang, Paulo Gali Freitas saat melawan Dewa United pada laga pekan ke-8 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Senin (14/8/2023). PSIS Semarang menang telak 4-1 atas Dewa United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tanpa pemain asing di lini depan, produktivitas gol PSIS Semarang mengalami kemacetan yang cukup akut. Dari tujuh pertandingan awal, skuad asuhan Gilbert Agius itu hanya bisa menghasilkan lima gol saja.

Jika dibedah nama-nama pemain yang terlibat dalam produksi gol ini, amunisi asing Mahesa Jenar juga belum memberikan kontribusi berarti. Sebab, hanya Paulo Gali Freitas yang bisa mencatatkan namanya di papan skor.

Adapun empat pencetak gol lainnya ialah Riyan Ardiansyah, Septian David Maulana, Tri Setiawan, dan Alfeandra Dewangga. Belum ada amunisi impor lainnya yang bisa menjebol gawang lawan.

 

4 dari 5 halaman

Krisis Kemenangan

PSIS Semarang - Ilustrasi Logo PSIS Semarang 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)

Dampak dari minimnya produksi gol ini memang sangat terasa. Tim Mahesa Jenar kesulitan mengamankan hasil positif. Pada empat laga terakhir, mereka bahkan harus melewatinya tanpa meraih kemenangan.

Catatan buruk ini terjadi setelah kalah dari Dewa United dan Persib Bandung dengan skor 1-2. Setelah bermain imbang (0-0) melawan PSM Makassar, Mahesa Jenar kembali takluk dari Arema FC dengan skor 1-2.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait