Lagi dan Lagi, Pemain Keturunan Belanda Berminat Memperkuat Timnas Indonesia

oleh Choki Sihotang diperbarui 05 Okt 2024, 09:45 WIB
Ilustrasi - Logo Timnas Indonesia FIFA Matchday (Bola.com/Erisa Febri)

Bola.com, Jakarta Bertambah lagi, pemain keturunan yang berminat memperkuat Timnas Indonesia. Masih dari Belanda, kali ini kode keras dilemparkan Xiamaro Thenu. Apa kata PSSI?

Julukannya keren, 'Lionel Messi'. Meski bermain sebagai bek kiri, namun soal kelincahan dan gojekan Xiamaro Thenu tak kalah dengan Lionel Messi sesunguhnya asal Argentina.

Advertisement

Saat ini, Xiamaro Thenu, bermain untuk Vitesse Arnhem U21. Ia memperkuat klub yang berbasis di kota Arnhem itu sejak juli 2021.

Seperti kebanyakan pemain naturalisasi dari Negeri Kincir Angin, Xiamaro Thenu, yang masih berusia 19 tahun, juga berdarah Ambon, Maluku.

Atas dasar itulah, kelahiran 22 Oktober 2004 merasa ikut terpanggil untuk memperkuat Skuad Garuda, mumpung PSSI masih menggalakkan program naturalisasi guna mendongkrak performa Timnas Indonesia menuju pentas Internasional, termasuk Piala Dunia 2026.

Jika PSSI mengamini harapan Xiamaro Thenu, maka ia bisa menjadi alternatif di lini belakang timnas besutan Shin Tae-yong atau Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-20.

2 dari 4 halaman

Sudah Lama Minat

Hasrat Xiamaro Thenu untuk memperkuat timnas sebenarnya sudah cukup lama karena perbincangan ke arah sana pernah disinggung PSSI.

Hal tersebut diutarakan sang wonderkid via tayangan YouTube Yussa Nugraha belum lama ini.

"Mereka sudah satu setengah tahun mengurus prosesnya. PSSI menginginkan aku sudah lama atau lebih lama lagi dari itu," ujar Xiamaro Thenu.

Dinanti dinanti, tunggu ditunggu, tak ada lagi kabar dari markas besar PSSI di Jakarta. Xiamaro Thenu resah dan gelisah menanti kepastian. Terlebih, dalam kurun waktu satu setengah tahun itu PSSI terus mengebut proses naturalisasi pemain keturunan Belanda - Indonesia.

"Aku selalu memikirkan hal itu," kata Xiamaro Thenu dengan mata sedikit menerawang.

3 dari 4 halaman

Indonesia Gila Bola

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Ivar Jenner dengan menghampiri para suporter setelah mencetak gol ke gawang Irak U-23 pada laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Tekadnya untuk membela timnas leluhur sudah di ubun-ubun. Itu adalah suatu kebanggaan, tak hanya bagi dirinya tapi juga bagi keluarga besarnya.

"Ini juga bisa menjadi sesuatu yang indah buat diriku karena bisa membela negara yang indah dimana opa dan mamaku berasal dari sana," ujar Xiamaro Thenu.

Kiprah Timnas Indonesia dan loyalitas pendukung setianya juga membuat Xiamaro Thenu. Dia seakan tak percaya, betapa orang Indonesia sangat "gila" bola, terlebih saat timnas berlaga. Stadion penuh sesak, baik kandang maupun tandang.

"Indonesia adalah negara yang gila sepak bola dan semua orang di sana sangat mencintai sepak bola," kata Xiamaro Thenu.

4 dari 4 halaman

Piala Dunia

Sukses mempermalukan Arab Saudi dan Australia usai memaksa dua gurita Asia itu bermain imbang pada laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia beberapa waktu lalu memberikan gambaran nyata bagi Xiamaro Thenu kalau Skuad Garuda tak boleh lagi dipandang sebelah mata.

"Sekarang Indonesia bukan negara yang mudah untuk dilawan dan di tahun-tahun mendatang akan mengubah pikiran negara lain untuk menghadapi Indonesia," pungkasnya.

Kini, semua kembali ke PSSI. Masih terus menuda atau gerak cepat mengangkut Xiamaro Thenu. Semoga ada kabar baik dalam waktu dekat, mengingat Indonesia masih butuh banyak stok pemain mumpuni seperti 'Lionel Messi'.