Kevin Diks Sebenarnya Masih Menunggu Panggilan Timnas Belanda, tapi Harus Realistis, Tawaran Timnas Indonesia Segera Dijawab

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 05 Okt 2024, 11:15 WIB
Pemain FC Copenhagen, Kevin Diks, berebut bola dengan pemain Galatasaray, Mauro Icardi, pada laga Liga Champions (12/12/2023). Bersama FC Copenhagen di musim ini, Kevin Diks mencatatkan 32 penampilan dengan perolehan satu gol, dua assist, empat kartu kuning, dan satu kartu merah. (AFP/Liselotte Sabroe)

Bola.com, Kopenhagen - Kevin Diks mencoba realistis. Sebenarnya, ia masih menunggu panggilan dari Timnas Belanda. Namun, tawaran dari Timnas Indonesia juga tetap dipertimbangkannya.

Bek FC Copenhagen di Liga Denmark itu telah dihubungi oleh PSSI, diduga untuk dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia lewat asal-usul kakek dan neneknya dari Ambon, Maluku.

Advertisement

"Saat ini, PSSI sedang berdialog dengan agen saya. Namun, kita lihat saja. Saya belum membuat keputusan," ujar Kevin Diks dinukil dari media Denmark, Bold.

"Tentu saja masih menjadi mimpi saya untuk mewakili Belanda. Namun, saya juga harus realistis, jadi kita lihat saja apa yang akan terjadi," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Incaran Lama

Kevin Diks, bek tengah FC Copenhagen berusia 27 tahun ini merupakan pesepak bola Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia, tepatnya dari Ambon. Saat ini ia tengah menjalani musim ketiga bersama FC Copenhagen. (AFP/Ritzau Scanpix/Liselotte Sabroe)

Kevin Diks lahir di Apeldoorn, Belanda, pada 6 Oktober 1997. Pemain dengan tinggi badan 186 cm ini berpengalaman bermain di Liga Champions, Serie A, Conference League, hingga Eredivisie.

Akan tetapi, karier internasional Kevin Diks masih mentok di level junior. Sejak menjadi bagian dari Timnas Belanda U-19, U-20, dan U-21, ia tidak pernah dipanggil ke tim senior.

Kevin Diks adalah incaran lama PSSI sejak beberapa tahun yang lalu bersama Mees Hilgers. Nama terakhir telah luluh dan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada akhir bulan lalu.

3 dari 3 halaman

Harus Buat Keputusan

Kevin Diks masih memikirkan terkait pinangan dari Timnas Indonesia. Dia masih belum bisa memastikan. Di satu sisi, ia merasa harus mengambil keputusan dalam waktu dekat, meski tetap membuka berbagai opsi.

"Mereka jelas berusaha, dan mungkin saya harus segera membuat keputusan. Namun, saya adalah tipe orang yang suka menunggu dan melihat apa saja opsi yang tersedia sebelum mengambil keputusan. Jadi, kita lihat saja apa akhirnya," jelas Kevin Diks.

Kevin Diks telah memperkuat FC Copenhagen sejak 2001. Secara total, pemain yang juga bisa berperan sebagai fullback ini sudah bermain 143 kali dengan perolehan tiga 21 kartu kuning dan tiga kartu merah plus 16 gol dan 18 assist.

 

Sumber: Bold

Berita Terkait