1 Pemain Timnas Indonesia Sempat Cedera Sebelum Dipanggil Lawan Bahrain dan China, Siapa?

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 05 Okt 2024, 12:45 WIB
Pemain Timnas Indonesia saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menceritakan bahwa ada satu pemain Timnas Indonesia sempat mengalami cedera sebelum dipanggil untuk melawan Timnas Bahrain dan Timnas China di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Adalah Witan Sulaeman, yang disebutkan menderita cedera, ketika membela Persija Jakarta kontra Persib Bandung dalam pekan keenam BRI Liga 1 2024/2025 pada 23 September 2024.

Advertisement

Witan yang bermain sebagai starter, memang meringis kesakitan di tengah pertandingan. Pemain berusia 22 tahun itu harus digantikan Marko Simic pada menit ke-70.

Namun, pada enam hari berselang sewaktu Persija diimbangi PSM Makassar 1-1 dalam pekan ketujuh BRI Liga 1, Witan sudah bisa tampil lagi sejak menit utama dan selama 90 menit.

2 dari 4 halaman

Update dari Sumardji

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman setelah mencetak gol kedua ke gawang Yordania U-23 pada laga ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024). (AFP/Karim Jaafar)

"Witan kemarin ketika melawan Persib, mengirimkan pesan kepada saya agak tidak enak. Saya langsung koordinasi dengan tim medis PSSI," ujar Sumardji dalam Sportcast di YouTube Nusantara TV.

"Kebetulan, saya langsung kasih tahu dan koordinasi dengan Witan. Proses pemulihan cederanya langsung ditangani tim dokter PSSI."

"Kalau bicara peralatan pemulihan cedera, paling lengkap dan top di PSSI. Tidak ada lagi di klub," ungkap pria yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu.

3 dari 4 halaman

Peran Dr. Choi Ju-young

Sumardji tidak segan memuji Choi Ju-young, fisioterapi Timnas Indonesia. Dokter asal Korea Selatan berusia 71 tahun itu sangat telaten dalam menangani masalah Witan Sulaeman dkk.

"Fisioterapis kami, dr. Choi Ju-young, dia luar biasa. Perhatiannya ke anak-anak luar biasa. Ketika anak-anak cedera sedikit, dia langsung bergerak cepat. Sedang tidur pun ditengok olehnya," ucap Sumardji.

"Di pesawat kalau ada pemain yang cedera, ditunggu olehnya. Ditata cara tidur dan kakinya. Saya sangat senang dengan keberadaan dia, dan dia memberikan ilmu ke fisioterapis kami," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Hadapi Bahrain dan China

Witan kemungkinan sudah dalam kondisi fit untuk membela Timnas Indonesia dalam dua partai Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menantang tuan rumah Bahrain dalam matchday ketiga Grup C di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024.

Lima hari berselang, Tim Garuda bakal bertandang ke Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, untuk melawan China dalam matchday keempat Grup C.

Berita Terkait