Kumpulan Data dan Fakta Jelang Duel Man City Vs Fulham: The Citizens di Ambang yang ke-50

oleh Rizki Hidayat diperbarui 05 Okt 2024, 18:04 WIB
Erling Haaland (tengah), menendang bola dari titik penalti yang menghasilkan gol keempat bagi Manchester City saat melawan Fulham dalam pertandingan pekan keempat Liga Inggris 2023/2024 yang berlangsung di Etihad Stadium, Sabtu (2/9/2023). Haaland mencetak hattrick pertamanya dalam pertandingan ini. (AP Photo/Dave Thompson)

Bola.com, Manchester - Manchester City akan menjamu Fulham di Stadion Etihad pada laga pekan ketujuh Premier League, Sabtu (5/10/2024) malam WIB. Bermain di kandang sendiri, Man City memiliki kans meraih yang ke-17 kontra Fulham.

Angka 17 yang dimaksud adalah kemenangan ke-17 secara beruntun yang bisa dipetik The Citziens atas The Cottagers di semua kompetisi. Seperti dilansir BBC Sport, Manchester City berhasil merengkuh 16 kemenangan berturut-turut.

Advertisement

Catatan tersebut adalah terpanjang yang pernah diukir klub Inggris melawan tim lain. Tak hanya itu, Man City juga berhasil mencetak 49 gol dan hanya kebobolan tujuh gol dari 16 pertandingan tersebut.

Andai berhasil menorehkan kemenangan yang ke-17, Manchester City berpeluang menyalip Liverpool dari puncak klasemen. Saat ini, City menghuni peringkat kedua klasemen sementara Premier League dengan nilai 14, tertinggal satu angka dari The Reds di urutan teratas.

 

2 dari 6 halaman

Di Ambang yang Ke-50

Pemain Manchester City Jack Grealish (kanan) menggiring bola saat melawan Fulham pada pertandingan sepak bola putaran keempat Piala FA di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, 5 Februari 2022. Manchester City menang 4-1. (AP Photo/Jon Super)

Manchester City juga memiliki tren moncer ketika bertanding di kandang sendiri. Man City tercatat tidak terkalahkan dalam 49 pertandingan terakhir di Stadion Etihad diseluruh ajang, dengan perincian 40 kemenangan dan sembilan hasil imbang.

Andai mampu mengalahkan atau bermain imbang kontra Fulham, City bakal mengukir 50 laga tak terkalahkan diseluruh ajang. Meski berbekal tren kinclong, manajer Man City, Pep Guardiola, meminta anak asuhnya untuk tak jemawa.

Menurutnya, Fulham memiliki sederet pemain-pemain berbahaya, plus sedang dalam kondisi onfire setelah meraih dua kemenangan beruntun di liga.

"Tim ini selalu menciptakan banyak masalah. Mereka memiliki banyak senjata, kecepatan - Alex Iwobi, performa yang dia mainkan, kecepatan dari Adama Traore selalu menciptakan masalah, struktur pertahanan, itulah satu-satunya perhatian saya," kata Guardiola.

Sejumlah data dan fakta menarik tersaji jelang duel Manchester City versus Fulham di Stadion Etihad pada laga pekan ketujuh Premier League. 

 

3 dari 6 halaman

Data dan Fakta

Pemain Manchester City Jack Grealish (kanan) mencoba melepaskan tembakan ke gawang melewati pemain Fulham Neco Williams pada pertandingan sepak bola putaran keempat Piala FA di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, 5 Februari 2022. Manchester City menang 4-1. (AP Photo/Jon Super)

1. Torehan 16 kemenangan beruntun Manchester City atas Fulham di semua kompetisi adalah terpanjang yang pernah dicatat satu klub Liga Inggris melawan tim lain.

2. Fulham tidak pernah menang dalam 18 pertandingan liga melawan Man City (3 imbang; 15 kalah). Meski begitu, tiga dari empat kemenangan yang pernah diraih Fulham atas Manchester City di Premier League terjadi di Stadion Etihad pada 2006, 2008, dan 2009.

3. City untuk pertama kalinya mencatatkan dua laga beruntun di Premier League tanpa kemenangan (2 imbang), setelah terakhir kali catatan serupa terjadi pada Maret 2024.

4. Namun, Manchester City tidak terkalahkan dalam 29 pertandingan terakhir di Premier League (23 menang; 6 imbang). Mereka hanya kurang satu poin untuk menyamai rekor tak tersentuh kekalahan yang dibuat antara April 2017 sampai Januari 2018.

 

4 dari 6 halaman

Data dan Fakta

5. Manchester City juga tidak terkalahkan dalam 49 pertandingan kandang di semua kompetisi sejak kalah dari Brentford pada November 2022 (40 menang; 9 imbang). Kemenangan atau imbang melawan Fulham bakal membuat City menorehkan 50 laga tanpa kekalahan secara beruntun di Stadion Etihad.

6. City gagal menorehkan clean sheet dalam delapan pertandingan kandang Premier League berturut-turut, kurang satu dari rekor klub yang dibuat pada 2015 lalu.

7. Pep Guardiola telah memenangkan 11 pertandingan terakhir sebagai manajer melawan Fulham di semua kompetisi. City juga berhasil mencetak 33 gol dan hanya kebobolan empat gol dalam 11 laga tersebut.

 

5 dari 6 halaman

Data dan Fakta

8. The Cottagers untuk pertama kalinya meraih dua kemenangan beruntun di Premier League, sejak Maret 2024. Mereka juga belum menelan kekalahan dalam lima laga terakhir di liga musim ini (3 menang; 2 imbang).

9. Fulham berupaya untuk menorehkan clean sheet beruntun di kasta teratas Liga Inggris untuk pertama kalinya sejak Desember lalu.

10. Fulham dan Liverpool adalah satu-satunya klub yang belum kebobolan lebih dari satu kali dalam pertandingan Premier League musim ini.

Sumber: BBC Sport

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait