Alasan China Bisa Takluk dari Timnas Indonesia di R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Versi Media Vietnam

oleh Ana Dewi diperbarui 05 Okt 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi - Tiga Pemain Timnas China: Jiang Guangtai, Fei Nanduo, Alan Douglas (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Media Vietnam, Soha, memprediksi Timnas Indonesia bisa dengan mudah menaklukkan Timnas China pada lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurut jadwal, duel antara China versus Timnas Indonesia berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong (15/10/2024). Namun sebelum laga itu, Tim Garuda lebih dulu berhadapan dengan Timnas Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa (10/10/2024).

Advertisement

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyertakan 27 nama dalam lawatan kali ini. Termasuk duo pemain anyar, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, yang belum lama ini menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi keempat Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan koleksi dua angka. Sementara itu, China tercecer di dasar klasemen dengan tanpa poin. Adapun Bahrain kini duduk di peringkat ketiga dengan nilai tiga.

 

2 dari 5 halaman

Ulasan Media Vietnam

Timnas China akan menjadi satu di antara lawan Timnas Indonesia pada laga putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (AFP/KARIM JAAFAR)

Menurut Soha, ada beberapa alasan mengapa Team Dragons bakal takluk dari Timnas Indonesia dan membuat sang pelatih lengser dari jabatannya. Absennya sejumlah pemain pilar jadi satu di antara faktor yang membikin China merana.

"Tim tuan rumah berisiko besar kalah dari Indonesia pada laga mendatang. Alasan kunci dan penentunya adalah krisis skuad tim Asia Timur," tulis Soha seperti dikutip pada Sabtu (5/10/2024).

"Jarang sekali Timnas China yang setipis dan selemah sekarang. Dalam daftar terbaru yang dipanggil pelatih Branko Ivankovic, hanya ada tiga pemain naturalisasi diantaranya Jiang Guangtai, Fernando dan Alan, namun Alan saat ini sedang cedera," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Kondisi Kontras

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - China Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Lebih jauh, Soha menyebut saat ini Team Dragons sedang kekurangan pemain berkualitas, baik di sektor penyerangan maupun pertahanan. Lini belakang juga rapuh sehingga membuat China kalah telak 0-7 dari Jepang dan digilas Arab Saudi 1-2 pada laga sebelumnya.

"Berbeda dengan China, tim Indonesia saat ini mempunyai skuad dengan kualitas terbaik yang pernah ada. Pelatih Shin Tae-yong baru-baru ini mengumumkan daftar 27 pemain, 16 nama di antaranya bermain di luar negeri dan 13 bintang merupakan pemain naturalisasi," sebut Soha.

"Kualitas Timnas Indonesia terlihat jelas melalui nilai transfernya. Ini juga pertama kalinya nilai tim Indonesia satu setengah kali lebih tinggi dibandingkan tim China."

"Menurut Transfermarkt, harga tim China saat ini sekitar 10 juta euro, sedangkan total nilai pemain Indonesia mencapai 16,73 juta euro, 1,6 kali lipat lebih banyak dari tim China," lanjut Soha.

 

4 dari 5 halaman

Dibawah Tekanan

Tidak sampai di situ, Soha mengulas skuad China dihadapkan dengan tekanan psikologis yang berat. Pelatih Branko Ivankovic di ambang pemecatan setelah empat laga terkini tanpa kemenangan. Perinciannya sekali hasil imbang dan tiga kalah.

"Sebaliknya, tim Indonesia tampil penuh semangat dan percaya diri setelah dengan apik menahan imbang Arab Saudi dan Australia," kata Soha.

"Menurut prediksi media China, pelatih Ivankovic hampir pasti akan dipecat jika tidak meraih hasil bagus di dua laga berikutnya. Jika terus seri atau kalah, China kemungkinan besar masih berada di posisi terbawah Grup C, tanpa peluang melaju ke Kualifikasi Piala Dunia," pungkas media tersebut.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Klasemen Grup C

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
 

Berita Terkait