Tim Bulutangkis Junior Indonesia Juara Dunia 2024, Piala Suhandinata Pulang ke Tanah Air

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 06 Okt 2024, 00:34 WIB
Tim bulutangkis junior Indonesia kampiun Suhandinata Cup 2024. (Dok PBSI)

Bola.com, Jakarta Tim bulutangkis junior Indonesia kampiun Suhandinata Cup 2024 setelah mengalahkan tuan rumah yang sekaligus unggulan pertama, China dengan skor 110-103 di Nanchang International Sports Center Gymnasium hari Sabtu (5/10/2024.

Gelar ini terasa istimewa karena diraih setelah melalui perjuangan yang tidak mudah, mengalahkan China di kandangnya.

Advertisement

Ini juga menjadi balasan sepadan di final tahun lalu. Saat itu, tim junior Indonesia ditundukkan China dengan skor 1-3 di Spokane, Amerika Serikat.

Ganda putri Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine mengumpulkan 26 poin dalam dua pertandingan. 

Pada laga pertama melawan Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue, Isyana/Rinjani menang 22-15. Saat dimulai Indonesia sedang tertinggal 7-11 setelah Mutiara Ayu Puspitasari yang membuka laga menyerah dari Xu Wen Jing.

"Kami senang dan bersyukur bisa membawa kembali Piala Suhandinata ke Indonesia. Gelar ini kami persembahkan untuk semua masyarakat Indonesia yang selalu mendukung, untuk keluarga, pelatih dan PBSI," kata pemain ganda putri Rinjani Kwinara Nastine.

Di partai ketiga dan keempat, China mulai mengejar tapi tidak berhasil menyalip. Indonesia masih unggul 44-40.

Indonesia kembali melebarkan jarak di partai kelima. Anselmus Breagit Fredy Prasteya/Pulung Ramadhan mengakhiri paruh pertama dengan kemenangan 55-48 atas Hu Ke Yuan/Lin Xiang Yi.

Mutiara menebus kesalahan di partai kedua. Kembali berhadapan dengan Xu Wen Jing, juara Asia junior 2023 sukses melebarkan jarak poin 66-55.

Akhirnya Anselmus/Pulung memastikan kemenangan Merah-Putih Muda7 dengan skor 110-103.

2 dari 2 halaman

Tinggal Perorangan

Rionny menambahkan bahwa kekompakan tim menjadi pilar penting kembalinya Piala Suhandinata ke tanah air.

"Kekompakan mereka bagus sekali. Ini sangat penting dalam tim. Mereka juga displin dan mau berjuang habis-habisan," Rionny menambahkan.

Masih ada nomor perorangan yang akan berlangsung pekan depan, oleh karenanya Rionny berpesan untuk tidak terlalu terlena.

"Jangan terlalu terlena dengan hasil ini. Masih ada perorangan jadi semua sektor harus menunjukkan lagi semangat dan perjuangannya. Yakin mereka bisa," pungkas Rionny.

Berita Terkait