3 Catatan Menarik usai MotoGP Jepang 2024: Keterpurukan Honda dan Yamaha, Perpisahan Takaaki Nakagami

oleh Hendry Wibowo diperbarui 06 Okt 2024, 14:00 WIB
Joan Mir tidak bisa berbuat banyak pada balapan kandang Honda, MotoGP Jepang 2024. (Jure Makovec / AFP)

Bola.com, Jakarta - Tiga catatan menarik usai MotoGP Jepang 2024 di Sirkuit Motegi yang rampung digelar pada hari Minggu (06/10/2024).

Main Race MotoGP Jepang melahirkan Pecco Bagnaia sebagai pemenang. Sementara Jorge Martin di urutan kedua, disusul Marc Marquez.  

Advertisement

Pecco Bagnaia pun sukses sapu bersih kemenangan usai pada hari sebelumnya berhasil memenangkan Sprint Race. 

Bola.com mengumpulkan tiga catatan menarik usai Main Race MotoGP Jepang. Apa saja itu? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

2 dari 4 halaman

1. Perpisahan Takaaki Nakagami

Takaaki Nakagami. (JORGE GUERRERO / AFP)

MotoGP Jepang 2024 jadi balapan kandang terakhir Takaaki Nakagami yang mulai musim depan sudah dipastikan tidak mendapart kursi di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor. 

Nakagami bakal meninggalkan MotoGP setelah berkecimpung selama tujuh musim. Dia belum pernah menang tapi sekali meraih pole position pada MotoGP Teruel 2020 di Sirkuit Motorland Aragon. 

Musim depan, kursi Nakagami di tim LCR Honda akan diisi oleh pembalap Thailand Somkiat Chantra. 

Pada balapan hari ini, Nakagami memberikan penghormatan untuk tribune yang diisi oleh fans-nya. Dia tampak begitu emosional. 

3 dari 4 halaman

2. Keterpurukan Pembalap Pabrikan Jepang

Meet and greet dengan Fabio Quartararo sebelum MotoGP 2024

Harapan melihat pembalap dari dua pabrikan asal Jepang: Honda dan Yamaha setidaknya tembus sepuluh besar gagal total.

Hasil terbaik pembalap Honda diraih Johann Zarco dengan finis posisi sebelas. Sementara rider terbaik Yamaha adalah Fabio Quartararo urutan 12. Nakagami sendiri hanya finis 13 di balapan terakhirnya pada MotoGP Jepang.

Juara dunia MotoGP 2020 yang kini memperkuat Honda, Joan Mir bahkan tidak finis. 

4 dari 4 halaman

3. 10 Poin Saja

Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin kembali ungguli Francesco Bagnaia pada FP1 MotoGP Jepang yang berlangsung di sirkuit Motegi (AFP)

Hasil MotoGP Jepang 2024 memastikan Pecco Bagnaia, posisi dua klasemen, terus memberikan tekanan untuk Jorge Martin di urutan pertama. 

Kini berkat sukses Pecco Bagnaia sapu bersih kemenangan pada MotoGP Jepang, Bagnaia hanya berselisih sepuluh poin dari Martin. 

Balapan MotoGP 2024 tinggal tersisa empat seri saja dengan seri berikutnya berlangsung di Phillip Island, Australia, 18-20 Oktober. 

 

Berita Terkait