BRI Liga 1: Ingin Dekat dengan Suporter, Bek Borneo FC asal Brasil Mulai Belajar Bahasa Indonesia

oleh Ana Dewi diperbarui 06 Okt 2024, 14:30 WIB
Borneo FC - Ilustrasi Logo Borneo FC 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Bek Borneo FC, Gabriel Furtado menjadi satu di antara debutan di BRI Liga 1 2024/2025. Pemain berusia 24 tahun itu berstatus pinjaman dari klub Serie C Brasil, AD Confianca.

Sosok kelahiran 9 Desember 1999 itu bergabung dengan Borneo FC pada 31 Juli 2024. Gabriel Furtado dipinjam selama semusim ke depan. Kontraknya akan berakhir pada 30 Juni 2025.

Advertisement

Sudah lebih dari dua bulan pemain berpostur 185 cm itu berkarier di Indonesia. Furtado mengaku mulai kerasan tinggal di Samarinda.

Menurutnya, kehangatan dan kebersamaan yang terjalin di klub membuatnya merasa seperti rumah sendiri.

"Di dalam tim tercipta kekeluargaan. Saya datang dan disambut mereka seperti keluarga," ungkap pemilik nama lengkap Gabriel Vinicius de Oliveira Furtado itu seperti dikutip dari laman LIB.

"Saat itu juga saya tahu bahwa hal ini sangatlah penting. Kedekatan seperti ini yang akan membawa kita untuk meraih target," sambung mantan pemain Timnas Brasil U-20 tersebut.

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Mulai Belajar Bahasa

Dukungan suporter juga membikin Gabriel Furtado terkesan. Pendukung Borneo FC menciptakan atmosfer yang luar biasa, baik di dalam maupun luar stadion. Agar lebih dekat dengan fans, dia kini mulai serius mempelajari bahasa Indonesia.

Furtado mengatakan, dunia sepak bola tentunya tak lepas dari dukungan pemain ke-12 atau suporter. Selain kerja keras elemen tim, mereka bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam meraih target di BRI Liga 1.

"Saya akan memberikan segalanya untuk tim Borneo FC dan juga siap membantu klub," tekad Gabriel Furtado.

"Saya adalah orang yang punya tekad sangat kuat, fokus dan menghargai siapapun yang ada di klub ini," lanjut mantan pemain Palmeiras tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Mulai jadi Pilihan Pelatih

Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Gabriel Furtado sejauh ini sudah tampil sebanyak lima kali dari tujuh laga di BRI Liga 1. Pada dua pertandingan terakhir dia dipercaya sebagai starter oleh pelatih Pieter Huistra. Momen itu terjadi ketika Borneo FC ditahan 1-1 Barito Putera dan 0-0 Persita Tangerang.

Dari lima laga, Furtado mengukir catatan impresif: lima tekel, 14 intersep dan sembilan kali melakukan sapuan. Selain tangguh di lini belakang, dia juga aktif membantu penyerangan dengan tiga tembakan, satu di antaranya mengarah ke gawang.

Pemain kelahiran Taubate, Sao Paulo, Brasil itu memulai karier sepakbolanya di Parana pada 2017. Setelah itu, Furtado sering dipinjamkan ke sejumlah klub.

Mulai Palmeiras, Getafe B, EC Vitoria, Londrina PR, Coimbra, Villa Nova, Sampaio-MA hingga Al-Mesaimeer.

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Berita Terkait