Prediksi Perang Starting XI Bahrain Vs Timnas Indonesia: Menanti Aksi Debutan Tim Garuda

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 07 Okt 2024, 08:30 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Bahrain Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menantang Bahrain dalam laga ketiga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB. Kedua tim dipastikan bakal bermain dengan pemain terbaik yang mereka miliki.

Bahrain saat ini berada satu poin di atas Timnas Indonesia di klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bahrain punya tiga poin hasil kemenangan di markas Australia, di mana dalam laga kandang menghadapi Jepang mereka harus kalah telak 0-5.

Advertisement

Sementara itu, Timnas Indonesia memiliki dua poin buah dari hasil imbang 1-1 di Arab Saudi dan 0-0 ketika menghadapi Australia. Namun, dua poin itu cukup membuat tim asuhan Shin Tae-yong itu optimistis bisa meraih poin ketika bertandang ke markas Bahrain.

Bahkan Timnas Indonesia memiliki amunisi baru dalam diri Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, dua pemain yang baru saja dinaturalisasi menjadi WNI dan sudah bisa langsung membela Tim Garuda dalam dua laga tandang pada Oktober 2024 ini.

Lalu seperti apa kira-kira duel starting XI Bahrain kontra Timnas Indonesia dalam pertemuan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona asia ini?

2 dari 5 halaman

Tak Ada Perubahan Berarti di Kubu Bahrain

Ilustrasi - 3 pemain Bahrain yang wajib diteropong maksimal: Kamil Al Aswad, Ali Madan, Mohamed Marhoon (Bola.com/Adreanus Titus)

Melihat dua pertandingan pertama Bahrain, tak ada perubahan berarti yang dilakukan oleh sang pelatih untuk memulai laga, termasuk formasi 4-4-2. Tampaknya hal serupa juga bakal terjadi saat Bahrain menjamu Timnas Indonesia.

Ebrahim Lutfalla akan berada di bawah mistar gawang Bahrain, dibantu dua stoper andalan, Sayed Baqer dan Amine Benaddi. Sementara di sisi sayap pertahanan akan ada Vincent Emmanuel dan Abdulla al Khulasi.

Sementara di lini tengah, Ali Haram akan berduet dengan Abbas Al-Asfoor di posisi jangkar. Keduanya akan dibantu dua gelandang yang bergerak melebar, yaitu Ali Madan dan Mohamed Marhoon. Kedua pemain ini benar-benar harus diwaspadai oleh pertahanan Timnas Indonesia.

Sementara itu, Kamil Al Aswad yang juga merupakan kapten tim, akan didorong lebih ke depan untuk mendampingi Mahdi Abduljabbar sebagai juru gedor pertahanan lawan.

3 dari 5 halaman

Menanti Debutan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia - Ilustrasi Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Dari 27 pemain yang dibawa Shin Tae-yong untuk bertandang ke Bahrain dan China, ada dua nama yang baru dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Keduanya adalah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Mees Hilgers merupakan stoper andalan FC Twente di Eredivisie Belanda. Sementara Eliano Reijnders dikenal sebagai pemain yang mampu bermain di beberapa posisi berbeda dan kini bermain bersama klub Eredivisie lainnya, PEC Zwolle.

Namun, melihat aksi kedua pemain baru itu di level klub, sepertinya Mees Hilgers yang berpotensi langsung masuk dalam starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Bahrain.

Dengan formasi 3-4-3 yang diterapkan oleh Shin Tae-yong, Mees Hilgers bisa mendapatkan debutnya dengan bermain bersama Jay Idzes dan Rizky Ridho di pusat pertahanan. Ketiganya akan membantu Ernando Ari di bawah mistar gawang.

Mengapa Ernando Ari? Kabarnya Maarten Paes tengah mengalami cedera meski diharapkan juga tetap bergabung bersama Timnas Indonesia.

Meski menurut ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, kondisi Maarten Paes sudah berangsur membaik, tetapi potensi kiper milik Dallas FC itu untuk absen tetap besar.

Beralih ke lini tengah, Ivar Jenner dan Nathan Tjoe A-On diharapkan bisa menjadi duet solid di lini tengah. Sementara di sisi sayap akan ada Asnawi Mangkualam dan Calvin Verdonk yang naik dan turun membantu penyerangan maupun pertahanan.

Sementara di lini serang, Ragnar Oratmangoen bisa menjadi andalan dengan sejumlah opsi di sisi sayap, seperti Rafael Struick dan Marselino Ferdinan.

4 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - Bahrain Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bahrain (4-4-2): Ebrahim Lutfalla; Vincent Emmanuel, Sayed Baqer, Amine Benaddi, Abdulla Al Khulasi; Ali Madan, Ali Haram, Abbas Al- Asfoor, Mohamed Marhoon; Mahdi Abduljabbar, Kamil Al Aswad

Pelatih: Dragan Talajic

Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Mees Hilges, Jay Idzes, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Nathan Tjoe A-On, Calvin Verdonk; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

5 dari 5 halaman

Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 

Berita Terkait