4 Bintang yang Pernah Nyaris Direkrut MU era Louis van Gaal: Sukses Melanjutkan Karier dengan Torehan Trofi Juara

oleh Choki Sihotang diperbarui 07 Okt 2024, 05:45 WIB
Louis van Gaal. (AFP/Oli Scarff)

Bola.com, Jakarta - Selain Erik ten Hag, pelatih asal Belanda yang juga pernah menukangi raksasa Inggris, Manchester United (MU), adalah Louis van Gaal.

Louis van Gaal diangkut ke Old Trafford setelah membawa Timnas Belanda finis sebagai peringkat ketiga Piala Dunia 2014.

Advertisement

Ia datang menggantikan David Moyes yang gagal mempertahankan torehan Sir Alex Ferguson, juru taktik legedaris The Red Devils.

Hanya saja, Louis van Gaal juga gagal dalam masa baktinya selama dua tahun, dari 2014 hingga 2016.

Seperti David Moyes, Louis van Gaal juga tak mampu memenangkan Premier League, target utama manajemen MU pada musim itu.

Louis van Gaal hanya bisa mempersembahkan satu trofi, yakni Piala FA 2015/2016. Dua hari setelahnya, ia didepak alias dimakzulkan dari kursi pelatih.

Ketika melatih Manchester United, kakek yang kini berusia 73 tahun itu sejatinya ingin merekrut sejumlah pilar guna mendongkrak performa para penggawa The Red Devils.

Namun, takdir berkata lain. Dilansir Mirror, berikut sejumlah pemain incaran Louis van Gaal saat menangani MU yang kemudian gagal ke Old Trafford:

 
 
2 dari 5 halaman

N'Golo Kante

Pemain Chelsea, N'Golo Kante berusaha mengontrol bola dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris 2021/2022 melawan West Ham United yang berlangsung di Stamford Bridge, Minggu (24/4/2022). NGolo Kante juga bakal berstatus penggangguran pada 1 Juli 2023. Gemuknya lini tengah Chelsea dengan gempuran pemain baru memungkin dirinya tidak akan diperpanjang kontraknya oleh Chelsea dan akan berstatus bebas transfer pada akhir musim ini. (AFP/Justin Tallis)

Bukan hanya penyerang andalan yang menjadi incaran Louis van Gaal selama ia berada di Old Trafford. Ia juga ingin merekrut salah satu peraih gelar juara Leicester, N'Golo Kante.

Pemain Prancis yang agresif itu pasti akan mengubah lini tengah United jika ia direkrut, tetapi Chelsea memenangkan perlombaan untuk pemain seharga £32 juta itu pada musim panas yang sama saat Van Gaal diusir keluar.

Ia memenangkan Liga Champions dan Piala FA di Stamford Bridge, di antara penghargaan lainnya, sebelum pindah tahun lalu ke - Anda dapat menebaknya - Liga Pro Saudi dan Al-Ittihad.

3 dari 5 halaman

James Milner

James Milner diketahui telah mencatatkan 280 kali penampilan dengan mencetak 26 gol dan 44 assist. Bergabung dari Manchester City pada 2015, Milner telah memenangkan banyak trofi bergengsi bersama Liverpool, seperti gelar juara Liga Inggris dan Piala Liga Champions. (AFP/Javier Soriano)

Mungkin salah satu nama yang paling mengejutkan dalam daftar ini, tetapi Louis van Gaal mengakui bahwa ia "bahkan mencoba merekrut James Milner, yang sudah cukup tua tetapi multifungsi dan memiliki keterampilan kepemimpinan".

Setelah terbukti sebagai pemain yang brilian bagi sejumlah klub Liga Primer, Milner bergabung dengan rival sekota United pada 2010.

Kemungkinan besar pada musim terakhirnya di Etihad, van Gaal akan meminta kesempatan untuk merekrut gelandang serba bisa tersebut.

Sebaliknya, rival United lainnya akan kembali menuai hasil dari keengganan Setan Merah, saat Liverpool memboyong Milner pada 2015.

Sisanya, seperti kata pepatah, adalah sejarah. Milner, yang pindah ke Brighton tahun lalu pada usia 38 tahun, dapat memberikan pengalaman dan fleksibilitas yang sangat dibutuhkan bagi skuad United – jika saja Van Gaal berhasil.

4 dari 5 halaman

Sergio Ramos

Pemain Sevilla, Sergio Ramos, saat melawan Arsenal pada laga Liga Champions di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Rabu (25/10/2023). (AFP/Jorge Guerrero)

Merekrut ikon Real Madrid, Sergio Ramos, di puncak kariernya dapat membantu membangun fondasi lini belakang United yang masih goyah hingga hari ini. Mungkin Van Gaal benar.

Ramos memimpin Bernabeu selama 16 tahun, menjadi bintang di dalam negeri dan Spanyol.

Ia tetap bersama Los Blancos lama setelah Van Gaal hengkang, membantah rumor pada tahun 2016 bahwa ia bersedia meninggalkan klub Spanyol itu untuk pindah ke United yang sudah lama mengaguminya - akhirnya hengkang pada tahun 2021 untuk bermain bersama PSG.

Ia kemudian kembali ke klub masa kecilnya, Sevilla, tempat kontraknya berakhir pada bulan Juni tahun ini. Meskipun ia mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional tahun lalu, Ramos belum membuka rencananya di level klub.

5 dari 5 halaman

Mats Hummels

Mats Hummels telah memperkuat Dortmund selama 13 tahun dalam dua periode. (FRANCK FIFE / AFP)

Nama terakhir dalam daftar panjang pemain bertalenta yang memukau, yang tidak diragukan lagi akan membuat United mengeluarkan banyak uang, adalah bek tengah asal Jerman Mats Hummels.

Sama seperti Ramos, akuisisinya akan sangat membantu United dalam hal pertahanan. Hummels baru pertama kali bergabung dengan Borussia Dortmund ketika ia seharusnya menarik perhatian Van Gaal.

Namun, bek tengah jangkung itu memilih klub masa kecilnya Bayern ketimbang pindah ke Old Trafford pada 2016.

Ia kembali ke Dortmund pada tahun 2019 dan kini bergabung dengan AS Roma setelah bergabung sebagai agen bebas pada musim panas.

"Kami tidak bisa mendapatkan satu pun dari mereka," Van Gaal mengakui dengan sedih saat daftarnya ditutup. "Saya tidak tahu mengapa.

Itu mengejutkan saya, meskipun saya mengerti bahwa klub-klub bertahan dengan biaya tertinggi karena mereka tahu United adalah yang terkaya di dunia.

Namun, pada saat yang sama, jika Anda yang terkaya, Anda tentu berharap mendapatkan apa yang Anda inginkan".

Sumber: Mirror

Berita Terkait