Liga Inggris: Gara-gara Terlalu Banyak Terima Kartu Kuning, Chelsea Bakal Kena Denda Rp1 Miliar

oleh Hendry Wibowo diperbarui 07 Okt 2024, 14:00 WIB
Momen pemain Chelsea, Marc Cucurella menerima kartu kuning di laga kontra Nottingham Forest. (JUSTIN TALLIS / AFP)

Bola.com, Jakarta - Chelsea dilaporkan akan dikenai denda sebesar 50 ribu paun atau sekitar Rp1 miliar rupiah oleh FA setelah menerima enam kartu kuning dalam pertandingan Liga Inggris melawan Nottingham Forest, Minggu (06/10/2025.

Laga Chelsea kontra Forest berakhir 1-1. Pertandingan berlangsung sengit sejak babak pertama. Forest bertahan dengan baik dari gempuran The Blues.

Advertisement

Kuatnya lini belakang Forest jelas membuat frustasi Chelsea yang kesulitan mencetak gol. Pada babak kedua pertandingan berlangsung dengan tensi tinggi.

Forest membuka keunggulan empat menit setelah babak kedua dimulai melalui gol Chris Wood, sentuhannya berhasil memanfaatkan umpan sundulan dari Nikola Milenkovic.

Tidak butuh waktu lama, Chelsea menyamakan kedudukan di menit ke-57 melalui aksi Noni Madueke, yang mendapat umpan dari Cole Palmer.

Laga tuan rumah Chelsea kontra Forest sendiri banjir kartu kuning, khususnya untuk anak asuh Enzo Maresca.

Kartu kuning pertama didapatkan oleh Gelandang Chelsea, Moises Caicedo, setelah melakukan pelanggaran terhadap Morgan Gibbs-White di menit ke-21.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Hujan Kartu Kuning

 

Wasit Chris Kavanagh kemudian memberikan kartu kuning kedua kepada pemain Nottingham Forest, James Ward-Prowse, karena melanggar Cole Palmer di menit ke-36.

Palmer kemudian diberi kartu kuning karena protes di menit ke-75. Nottingham Forest harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Ward-Prowse menerima kartu kuning kedua di menit ke-78 karena sengaja menangkap bola untuk menghentikan serangan balik cepat Nicolas Jackson.

Marc Cucurella dan Levi Colwill dari Chelsea, serta Neco Williams dari Forest, juga mendapat kartu kuning di menit ke-89 akibat terlibat dalam keributan.

Kiper Forest, Matz Sels turut diberi kartu kuning karena mengulur waktu di menit ke-95. Pedro Neto dari Chelsea mendapat kartu kuning setelah melakukan pelanggaran terhadap Nicolas Dominguez tiga menit kemudian.

Wesley Fofana lalu menjadi pemain Chelsea keenam yang mendapat kartu kuning, setelah melanggar Jota Silva di menit ke-102. 

 

3 dari 5 halaman

Ganjaran Sanksi

Jurnalis Kieran Gill melaporkan bahwa FA akan mendenda Chelsea sebesar 50 ribu paun karena menerima enam kartu kuning di laga kontra Forest.

Jika benar, maka mereka sudah dua kali mendapat hukuman denda akibat terlalu banyak mendapat kartu kuning.

Sebelumnya, Chelsea juga harus membayar denda 25 ribu paun setelah menerima delapan kartu kuning pada pertandingan melawan Bournemouth pada 14 September.

 

 

4 dari 5 halaman

Komentar Enzo Maresca

Enzo Maresca saat membesut Leicester City pada musim 2023/2024. (GLYN KIRK / AFP)

Enzo Maresca memberikan komentar terkait permasalahan indispliner anak asuhnya. Maresca percaya bahwa tidak ada yang salah dengan pemainnya.

Saat ditanya apakah ia khawatir dengan masalah disiplin dalam timnya, Maresca menjawab, "Tim ini berjuang bersama-sama dan saya tidak melihat ada pemain hilang kendali." 

"Ada beberapa hal yang bisa kami tingkatkan, tapi secara keseluruhan saya suka cara tim ini berjuang bersama," tambahnya. 

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Berita Terkait