Jawaban Menarik Jose Mourinho Saat Diminta Memilih antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk Predikat GOAT

oleh Hendry Wibowo diperbarui 07 Okt 2024, 15:30 WIB
Jose Mourinho menghabiskan tugas tiga musim di Santiago Bernabeu pada awal 2010-an. Ia mewarisi tim superstar, dengan Cristiano Ronaldo menjadi permata mahkotanya. Ronaldo berada dalam performa terbaiknya di bawah Mourinho, menyumbang 168 gol dan 49 assist hanya dalam 164 laga. (AFP/Dani Pozo)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Fenerbache Jose Mourinho turut berikan jawaban menarik mengenai perdebatan yang selalu menjadi perbincangan selama bertahun-tahun. 

Adalah terkait siapa yang lebih baik antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Selama bertahun-tahun, keduanya telah mendominasi panggung sepak bola dunia.

Advertisement

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memberikan tontonan persaingan sengit. Puncak rivalitas mereka terjadi saat keduanya bermain di La Liga Spanyol.

Pada masa itu Lionel Messi masih berseragam Barcelona dan Cristiano Ronaldo bermain untuk Real Madrid.

Setiap pertemuan antara kedua klub raksasa Spanyol atau disebut El Clasico selalu menjadi tontonan spektakuler yang dinantikan oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia.

 

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Pendapat Jose Mourinho

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, berbincang dengan striker Barcelona, Lionel Messi, saat acara penghargaan pemain terbaik FIFA 2017 di London, Senin (23/10/2017). Cristiano Ronaldo berhasil meraih pemain terbaik FIFA 2017. (AFP/Ben Stansall)

Menurut pelatih yang kini berusia 61 tahun itu, persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi adalah sesuatu yang saling menguntungkan bagi keduanya. 

"Saya pikir mereka beruntung dan tidak beruntung buat pemain yang berada di generasi yang sama," ujar Jose Mourinho. 

"Mereka saling memandang satu sama lain dengan cara yang positif dan mendapatkan motivasi ekstra. Jika hanya ada satu di antara mereka, mereka akan memiliki sepuluh Sepatu Emas." 

"Sayangnya, Cristiano dan Messi tidak akan bertahan selamanya," lanjutnya dalam acara On the Touchline with Jose Mourinho.

 

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Standar Tinggi

Meski pernah melatih Ronaldo di Real Madrid, The Special One secara tegas menolak memihak salah satu dari dua ikon tersebut yang lebih layak sebagai Greatest of All Time (GOAT).

Baginya, prestasi keduanya malah menetapkan standar tinggi untuk generasi muda selanjutnya. Pemain-pemain seperti Neymar, Kylian Mbappe, dan Antoine Griezmann, akan sulit untuk mencapai standar yang telah ditetapkan oleh CR7 dan La Pulga.

"Sekarang, saya pikir mereka telah menetapkan standar yang sangat tinggi. Dan Anda memiliki para pemain yang berada di belakang, yang saya sebut sebagai 'monster-monster kecil'," Kata Jose Mourinho.

4 dari 4 halaman

Ingin melatih Messi

Jose Mourinho tercatat sudah melatih CR7 dan banyak melatih pemain hebat lainnya sepanjang karier sepak bola.

Namun, The Special One juga bermimpi melatih Lionel Messi. Niatan tersebut terkuak saat wawancara bersama Rio Ferdinand.

Jose Mourinho dengan tegas memilih nama Messi ketika ditanya pemain yang diharapkan untuk dilatih. "Tentu saja saya akan mengatakan si kecil," kata Mourinho merujuk kepada Messi.

Bahkan, Jose Mourinho juga memasukan nama La Pulga ketika diminta memilih tiga nama pemain terbaik dalam sejarah sepak bola. 

Dalam kesempatan tersebut, Mourinho memilih Lionel Messi, Pele, dan Diego Maradona. Uniknya tidak ada nama mantan anak asuhnya, Cristiano Ronaldo dalam daftar pilihan tersebut.

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf

Berita Terkait