Cerita Kemenangan Timnas Indonesia atas Bahrain di Piala Asia 2007, Bakal Terulang Kembali di Kualifikasi Piala Dunia 2026?

oleh Choki Sihotang diperbarui 07 Okt 2024, 18:00 WIB
Selebrasi Bambang Pamungkas (20) usai mencetak gol ke gawang Bahrain di Piala Asia 2007. (AFP/Jewel Samad)

 

Bola.com, Jakarta - Timnas Bahrain punya memori kelam saat bersua Timnas Indonesia, beberapa purnama lalu. Semoga, romantisme indah itu terulang kembali, meski kali ini Indonesia bertindak sebagai tamu.

Advertisement

Sebelum menoleh ke belakang, Bahrain dan Timnas Indonesia akan kembali bersua usai takdir mempertemukan kedua tim di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bertempat di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober beberapa hari lagi, The Maroons dan Skuad Garuda akan saling tikam.

Tuan rumah dalam situasi yang tidak mengenakkan, menyusul laga terakhir kontra Jepang mereka dipermak lima gol tanpa balas. Kekalahan memalukan tersebut membuat sang pelatih, Dragan Talajić, sempat berada dalam tekanan.

Soalnya, kekalahan besar dari Samurai Biru menguak fakta kalau The Maroons ternyata rapuh, walau pada laga pertama berhasil mengalahkan Australia 1-0.

Sebaliknya, Timnas Indonesia penuh percaya diri. Dua hasil imbang melawan Arab Saudi dan Australia, terlebih dengan masuknya dua pemain nanturalisasi anyar, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, membuat pasukan Shin Tae-yong hakulyakin bisa membawa pulang tripoin dari Riffa.

Kembali ke topik utama, apa yang terjadi terhadap Bahrain beberapa purnama silam? Memori kelam tersaji di ajang Piala Asia 2007.

 
 
2 dari 4 halaman

Budi Sudarsono Kejutkan Bahrain

Timnas Indonesia kala itu ditangani pelatih asal Bulgaria, Ivan Kolev dan diperkuat materi pemain terbaik di Tanah Air saat Piala Asia 2007. Mereka adalah Yandri Pitoy, Ferry Rotinsulu, Markus Haris Maulana (kiper), Ricardo Salampessy, Maman Abdurahman, Erol Iba, Ismed Sofyan, Charis Yulianto, Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Harry Saputra (belakang). Ada juga Muhammad Ridwan, Eka Ramdani, Ponaryo Astaman, Firman Utina, Syamsul Chaeruddin, Mahyadi Panggabean, Atep Rizal (tengah), Elie Aiboy, Budi Sudarsono, Zaenal Arief, Bambang Pamungkas (depan). (AFP/Adek Berry)

Saat itu, Timnas Indonesia yang dipercaya sebagai penyelenggara berada satu grup dengan Bahrain, juga Arab Saudi dan Korea Selatan.

Ribuan pendukung setia Timnas Indonesia menjejali Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 10 Juli 2007. Tim asuhan Ivan Kolev memasuki lapangan dengan kepala tegak, siap menghancurkan Bahrain.

Benar saja, duel baru berjalan 14 menit, si "ular piton" Budi Sudarsono sudah membuat stadion bergemuruh.

Mendapat umpan manja dari Firman Utina, Budi Sudarsono berlari kencang ke kotak penalti dan mendapatkan bola setelah terlebih dulu mengelabui dua bek Bahrain. Dengan sontekan kaki kiri, sukses menaklukkan kiper tim tamu, Abdul Rahman Ahmed.

Hanya saja, keunggulan tidak berlangsung lama. Bahrain, via gelandangnya, Sayed Mahmood Jalal, mampu menyamakan skor 13 menit berselang.

3 dari 4 halaman

Bambang Pamungkas Jadi Penentu Kemenangan

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas (tengah), setelah mencetak gol ke gawang Bahrain dalam pertandingan Grup D Piala Asia 2007 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/7/2007). Gol Bepe tersebut membawa kemenangan 2-1 untuk Indonesia atas Bahrain pada laga perdana penyisihan grup. (AFP/Jewel Samad)

Skuad Garuda yang diperkuat pemain-pemain terbaik seperti Richardo Salampessy, Charis Yulianto, Mahyadi Panggabean, di penjaga gawang Jandri Pitoy akhirnya menyudahi laga dengan kemenangan 2-1.

Adalah Bambang Pamungkas yang menjadi penentu kemenangan setelah ia berhasil menyambar bola yang terbentur tian gawang sepakan keras Firman Utina, tak jauh dari luar kotak penalti.

Meski pada akhirnya Indonesia finis di posisi ketiga Grup H, sedangkan Bahrain jadi kuru kunci, setidaknya kemenangan tersebut membuktikan kalau Skuad Garuda tak kalah baik dari negara-negara kuat Asia.

Lantas, bagaimana dengan tanggal 10 Oktober nanti? Mampukah Jay Idzes dan kawan-kawan meneruskan tren keren yang pernah ditorehkan Bambang Pamungkas and kolega? Menarik untuk dinanti.

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 

Berita Terkait