Timnas Indonesia Diprediksi Tetap Pakai Formasi 3-4-3, Mees Hilgers Berpeluang Jadi Starter Lawan Bahrain

oleh Radifa Arsa diperbarui 08 Okt 2024, 12:50 WIB
Kolase - Aksi-aksi pertandingan Timnas Indonesia Vs Irak (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, diprediksi tak akan melakukan banyak perubahan formasi maupun strategi saat menghadapi Bahrain pada laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurut jadwal, bentrok antara Timnas Indonesia melawan Bahrain ini bakal berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB. 

Advertisement

Pengamat sepak bola nasional, Mohamad Kusnaeni, memprediksi Shin Tae-yong akan tetap menggunakan pakem utama 3-4-3 pada laga ini. Dia juga yakin bahwa dua amunisi baru Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, otomatis bakal jadi starter.

“Menurut saya, meskipun kita mempunyai dua pemain baru, itu tidak otomatis Shin Tae-yong akan melakukan perubahan formasi atau taktik seperti misalnya dari 3-4-3 menjadi 3-5-2 atau 4-4-2,” kata Kusnaeni, Selasa (8/10/2024). 

“Shin Tae-yong pasti akan tetap menggunakan formula 3-4-3 bahkan mungkin dua pemain baru itu tidak akan langsung menjadi starter Timnas Indonesia. Shin Tae-yong pasti akan memberikan kesempatan mereka untuk beradaptasi terlebih dahulu dan melihat permainan teman-temannya,” imbuh Kusnaeni. 

 

2 dari 4 halaman

Peluang Mees Hilgers

Pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers, Shayne Pattynama, dan Asnawi Mangkualam (kiri ke kanan) mengikuti latihan menjelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2025 melawan Bahrain di Hamad Town Youth & Sports Ground pada Senin (07/10). (Dok. PSSI)

Lelaki yang akrab disapa Bung Kus itu menjelaskan peluang tampil debut sebagai starter sebetulnya lebih terbuka untuk Mees Hilgers. Di sektor pertahanan, ada Justin Hubner yang absen karena cedera.

Lubang inilah yang paling mungkin ditempati oleh bek FC Twente itu. Di pos tiga bek sejajar ini, sudah ada Jay Idzes dan Rizky Ridho yang tampil solid dalam beberapa pertandingan terakhir.

“Kalaupun bermain, mungkin pada babak kedua. Kecuali di formasi utama itu membutuhkan dua pemain baru ini untuk terlibat. Ini mungkin saja terjadi terhadap Mees Hilgers,” ujar Bung Kus.

“Karena, kita kehilangan Justin Hubner di posisi bek tengah kiri. Jadi, mungkin saja Mees bermain sejak awal karena dia pemain yang kualitasnya Grade A. Dia sudah bermain antarklub Eropa, pernah bermain melawan MU,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Punya Kualitas Mumpuni 

Menurut Bung Kus, Mees Hilgers Hilgers punya peluang paling besar untuk bermain. Sebagai pemain yang sudah menjadi langganan FC Twente, dia bakal lebih mudah beradaptasi.

Itulah sebabnya, Shin Tae-yong bisa saja menurunkan langsung bek berusia 23 tahun ini untuk mengawal jantung pertahanan Timnas Indonesia demi meredam gempuran serangan Timnas Bahrain.

“Pemain seperti ini biasanya cepat beradaptasi. Pelatih biasanya juga punya kepercayaan yang besar untuk memberi dia kesempatan bermain sejak awal,” ujar Dewan Pengawas Radio Republik Indonesia (RRI) itu.

“Kalau situasinya normal, dua pemain ini akan duduk terlebih dahulu di bangku cadangan sembari melihat teman-temannya bermain. Namun, kalau situasi membutuhkan karena Justin enggak main, tidak mustahil Mees bermain duluan,” lanjutnya.   

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Timnas Indonesia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
 

Berita Terkait