Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia Vs Bahrain: Peluang Debut Mees Hilgers, Eliano Reijnders Bisa Jadi Supersub

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 08 Okt 2024, 20:15 WIB
Timnas Indonesia - Eliano Reijnders dan Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kemungkinan masih akan mempertahankan formasi 3-4-3 untuk melawan Timnas Bahrain di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Indonesia akan menantang tuan rumah Bahrain dalam matchday ketiga Grup C di Bahrain National Stadium, Riffa, pada Kamis (10/10/2024) malam waktu setempat.

Advertisement

Maarten Paes sudah pasti akan menjadi kiper utama Timnas Indonesia jika dinyatakan telah pulih dari cedera pergelangan tangan yang didapatkannya sepekan yang lalu.

Namun, bila penjaga gawang asal FC Dallas di Major League Soccer (MLS) itu divonis tidak bisa bermain, Ernadno Ari Sutaryadi berpeluang untuk berada di bawah mistar gawang Timnas Indonesia.

2 dari 5 halaman

Kans Asnawi Mangkualam

3 Pemain Timnas Indonesia yang Potensial jadi Supersub saat Hadapi Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam. (Bola.com/Geaby Fadhilatu Sholikha)

Mees Hilgers kemungkinan bakal menjalani debutnya di Timnas Indonesia. Bek FC Twente itu akan membentuk benteng tangguh bersama Jay Idzes dan Rizky Ridho, yang diperkirakan akan lebih dipilih daripada Jordi Amat.

Untuk wingback kanan, Asnawi Mangkualam yang sedang dalam performa terbaiknya bersama Port FC di Liga Thailand, dapat kembali menjadi starter di Timnas Indonesia.

Sandy Walsh, yang biasanya menjadi pemain utama di pos wingback kanan Timnas Indonesia, baru kembali dari cedera setelah absen dalam tiga partai KV Mechelen di Liga Belgia.

3 dari 5 halaman

Thom Haye dan Calvin Verdonk Sudah Paten

Calvin Verdonk kukuh mengawal lini belakang Timnas Indonesia saat bersua Australia. Kerja keras dan ketenangannya memberikan rasa aman pertahanan Garuda. Penggawa NEC Nijmegen ini sukses meredam lini serang Australia dan memaksa duel berakhir imbang tanpa gol. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Satu tempat di lini tengah Timnas Indonesia kemungkinan akan menjadi milik Thom Haye. Shin Tae-yong tinggal memilih satu di antara Nathan Tjoe-A-On dan Ivar Jenner sebagai tandemnya.

Wingback kiri juga telah dikunci oleh Calvin Verdonk. Pemain asal NEC Nijmegen di Liga Belanda ini mempunyai insting bertahan yang sama baiknya dengan menyerang.

 

4 dari 5 halaman

Witan Sulaeman Bermain sejak Menit Awal?

Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman saat sesi official training di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024) jelang menghadapi Australia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan digelar Selasa (10/9/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dua pos lini depan Timnas Indonesia diyakini bakal diisi oleh Rafael Struick sebagai penyerang tengah dan Ragnar Oratmangoen yang menjadi winger kiri.

Untuk winger kanan, Witan Sulaeman memiliki kans besar bermain sejak menit awal daripada Marselino Ferdinan. Eliano Reijnders yang juga bisa beraksi di posisi itu, dapat menjadi supersub di paruh kedua.

5 dari 5 halaman

Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia Vs Bahrain

Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Timnas Indonesia Vs Filipina - STY Dikelilingi Calvin Verdonk, Jay Idzes, Rafael Struick (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas Indonesia (3-4-3): Maarten Paes; Mees Hilgers, Jay Idzes, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen

Pelatih: Shin Tae-yong

Berita Terkait