BRI Liga 1: Tyronne Del Pino Berharap Bobotoh Tak Lagi Berulah yang Bisa Rugikan Persib

oleh Erwin Snaz diperbarui 09 Okt 2024, 06:30 WIB
Gelandang Persib Bandung Tyronne del Pino merayakan gol ke gawang Madura United di BRI Liga 1 2024/2025. (Dok Persib)

Bola.com, Bandung - Gelandang asing Persib Bandung, Tyronne Del Pino Ramos, berharap Bobotoh tidak lagi berbuat ulah yang dapat merugikan timnya. Bagi Tyronne, Tim Maung Bandung membutuhkan kehadiran suporter di stadion.

Komdis PSSI menjatuhkan sejumlah sanksi kepada panitia pelaksana pertandingan (Panpel) Persib yang dinilai gagal menjalankan tanggung jawab menjaga ketertiban dan keamanan, pada pada laga kontra Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung, 23 September 2024.

Advertisement

Berdasarkan Surat Keputusan Komdis PSSI bernomor 027/L1/SK/KD-PSSI/X/2024, Panpel Persib Bandung dinilai telah melanggar Kode Disiplin PSSI Tahun 2023, karena terjadi penyalaan flare dalam jumlah banyak.

Adapun pelanggaran lainnya yang terjadi adalah pelemparan air mineral dalam botol dan plastik ke arah steward di pinggir lapangan, masuknya penonton ke area lapangan pertandingan yang mengakibatkan penganiayaan dan kerusuhan, serta adanya korban luka-luka.

Akibat pelanggaran-pelanggaran tersebut, Komdis PSSI memberikan sanksi kepada Panpel Persib Bandung berupa larangan penyelenggaraan dua pertandingan kandang dengan penonton, serta penutupan Tribun Utara dan Selatan pada 3 pertandingan kandang berikutnya. Selain itu, Tim Maung Bandung juga didenda sebesar Rp 295 juta.

 

2 dari 5 halaman

Jangan Sampai Terulang

Tyronne del Pino mencetak gol saat Persib Bandung menang 2-1 atas PSIS Semarang pada pekan kelima BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. (Dok.Persib Bandung)

Tyronne del Pino sangat menyayangkan sanksi yang didapat Persib Bandung tersebut. Dia pun berharap kejadian serupa tak kembali terulang yang justru bisa merugikan Persib.

"Jadi sanksi ini buruk bagi kami karena kami perlu bobotoh, kami perlu fans. Ketika bermain di sini, tentunya akan terasa lebih baik jika ada Bobotoh datang," ujar Tyronne di lapangan SPOrT Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (8/10/2024).

"Saya bicara dengan pemain Port FC. Meski tidak penuh, tetapi mereka tetap merasakan atmosfernya."

"Tetapi sekarang itu sudah terjadi dan semua harus belajar mengenai ini untuk masa depan supaya tidak terjadi lagi, dan kami bisa bersama-sama hingga akhir musim," imbuh Tyronne.

3 dari 5 halaman

Bertekad Terus Bawa Persib Menang

Tyronne del Pino mencetak dua gol ketika Persib Bandung bermain imbang 2-2 kontra Dewa United. (Bola.com/Dok.Persib Bandung).

Disinggung mencetak dua gol dan dua assist pada September lalu, pemain Persib asal Spanyol itu mengaku secara individu sangat senang dengan kontribusi yang sudah dibuatnya untuk Persib.

Namun, kompetisi masih panjang dan tentunya kata Tyronne sejak menjadi kekuatan Persib selalu berusaha kerja keras untuk bisa membawa kemenangan Persib Bandung di setiap pertandingannya.

"Saya selalu bersikap profesional dan juga berlatih tambahan di luar program tim. Saya harus melanjutkan ini dan meski tahu sudah bermain dengan bagus, tetapi besok orang-orang akan melupakannya," tutur Tyronne.

"Jadi saya harus bisa terus menjaganya, mendorong diri, tetap rendah hati dan bekerja sebagai tim. Yang terpenting adalah meraih kemenangan dan jika menang maka saya sangat senang," tambah Tyronne.

4 dari 5 halaman

Target di Persib

Satu hal yang pasti lanjut pemain bernomor punggung10 di Persib tersebut adalah tetap berusaha untuk berkontribusi bagi tim, memberikan assist, mencoba cetak gol, dan bekerja keras untuk tim.

Berbicara masalah target pribadi di Persib, pemain yang diboyong Luis Milla ini menyebutkan target yang diusungnya adalah menatap laga demi laga dan yang lebih penting lagi Persib menang.

"Tentu saja saya ingin memberikan kontribusi untuk setiap laga, bekerja maksimal, mencoba mencetak gol, memberikan assist dan ini target saya. Saya harus punya mental yang kuat, ini yang harus saya miliki di pikiran saya," ucap Tyronne sambil mengakhiri.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait