Shin Tae-yong Sampai Turun Tangan Percepat Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders: Bujuk Erick Thohir demi Incar Kemenangan!

oleh Radifa Arsa diperbarui 09 Okt 2024, 10:00 WIB
Kolase - Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ternyata sampai ikut turun tangan untuk mempercepat proses naturalisasi dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, menjelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dibandingkan sejumlah pemain keturunan lainnya yang sudah memperkuat Timnas Indonesia, proses naturalisasi yang dijalani Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) termasuk paling kilat.

Advertisement

Bahkan, yang paling membedakan dengan pemain lainnya, kedua nama itu sampai harus menjalani prosesi pengambilan sumpah setia sebagai WNI di luar negeri, tepatnya di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussel, Belgia.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, membocorkan jika percepatan proses naturalisasi ini tak terlepas dari permintaan khusus Shin Tae-yong yang disampaikan langsung kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

“Jika melihat ambisi untuk mencari poin penuh melawan Bahrain atau China, Shin Tae-yong memang berharap Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa segera dinaturalisasi,” kata Arya dikutip dari Liputan6 Sport.

“Shin Tae-yong meminta langsung kepada Pak Erick. Katanya, ‘Pak, kalau bisa, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sudah bisa masuk Timnas Indonesia saat pertandingan menghadapi Bahrain dan China’,” imbuhnya.

 

2 dari 3 halaman

Kualitasnya Tak Diragukan

Eliano Reijnders. (Bola.com/Dok.Instagram Eliano Reijnders).

Menurut Arya, publik pencinta Timnas Indonesia sudah tak perlu lagi menduga alasan Shin Tae-yong mempercepat proses naturalisasi ini. Kualitas keduanya sudah tak perlu diragukan, sehingga bakal menambah kekuatan skuad Garuda.

“Saya rasa, tidak perlu dipertimbangkan oleh Shin Tae-yong, kita semua pasti sudah tahu. Karena, jika melihat kualitas-kualitas dua pemain yang ini memang tidak ada ampun kan,” ujar Arya Sinulingga.

“Ini akan membuat kita sangat kuat di lini pertahanan. Kita sudah bisa lihat, Maarten Paes sudah kuat. Calvin Verdonk, Jay Idzes, Rizky Ridho, dan Justin Hubner juga sangat kuat,” ia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Opsi di Lini Depan

Dengan hadirnya dua pemain ini, Arya merasa optimistis skuad Merah Putih bakal semakin kuat dan percaya diri untuk membawa pulang hasil terbaik pada dua laga terdekat, yakni bertandang ke markas Bahrain dan China.

“Namun, target kita di lini depan kan masih hanya satu orang. Ketika bola lempar ke depan, hanya ada satu orang yang berlari. Kadang-kadang Ragnar Oratmangoen yang lari ke depan,” ujarnya.

“Mungkin dengan adanya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, lini belakang kita makin kuat, sehingga semakin pede ke depannya. Jadi, pemain depan kita di depan juga bisa semakin kuat,” ia melanjutkan.

Berita Terkait