Deretan Kejutan yang Siap Dihadirkan Shin Tae-yong untuk Bahrain: Timnas Indonesia Menghantam Lewat Serangan Kilat

oleh Hery Kurniawan diperbarui 09 Okt 2024, 10:15 WIB
3 Pemain Timnas Indonesia yang Potensial jadi Supersub saat Hadapi Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam. (Bola.com/Geaby Fadhilatu Sholikha)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani laga ketiga di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda akan bertandang ke markas Timnas Bahrain.

Laga antara Timnas Indonesia melawan Bahrain itu akan digelar di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10/2024) mulai pukul 23.00 WIB.

Advertisement

Timnas Indonesia mengincar kemenangan di kandang Timnas Bahrain. Kemenangan akan membuat Marselino Ferdinan naik ke posisi tiga klasemen sementara dengan lima poin.

Kemenangan itu akan membuat Timnas Indonesia semakin percaya diri. Peluang Garuda untuk lolos ke Piala Dunia 2026 juga akan semakin besar.

Bola.com memperkirakan kemungkinan strategi kejutan yang bisa digunakan Shin Tae-yong untuk menghantam Timnas Bahrain di Riffa. Apa saja?

2 dari 5 halaman

Serangan Kilat

Timnas Indonesia sukses mencuri poin penuh dari tuan rumah Kuwait usai menang comeback pada matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Jaber Al Ahmad International Stadium, Kuwait, Rabu (08/06/2022) malam WIB. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia memiliki strategi menarik saat menghadapi Timnas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. Shin Tae-yong menerapkan strategi serangan kilat.

Setelah kebobolan, Timnas Indonesia memulai kembali permainan dengan sangat cepat. Umpan panjang pun langsung dikirim ke area pertahanan Kuwait.

Hasilnya, penalti didapatkan oleh Timnas Indonesia. Gol kemenangan Timnas Indonesia yang tercipta di awal babak kedua pun berasal dari sepak mula kilat yang dilakukan Witan Sulaeman dkk.

Hal serupa bisa diterapkan kembali oleh Shin Tae-yong. Mengingat kemiripan antara Kuwait dengan Bahrain.

 
 
3 dari 5 halaman

Saatnya Mendominasi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selain itu, Shin Tae-yong bisa saja membuat Timnas Indonesia tampil percaya diri. Shin bisa menginstruksikan tim asuhannya untuk tampil mendominasi atas Bahrain.

Belakangan ini, materi pemain Timnas Indonesia bisa dikatakan mengalami peningkatan drastis. Bahkan, mungkin saja Thom Haye dan kolega memiliki kualitas di atas para pemain Bahrain.

Dengan mendominasi permainan, para pemain Timnas Indonesia bisa memberikan tekanan kepada para pemain Bahrain. Persentase peluang dan kemungkinan gol yang bisa diciptakan tentu akan meningkat.

4 dari 5 halaman

Pertahankan Kebiasaan

Calvin Verdonk tak hanya bertugas mematikan semua pergerakan lawan yang berani mendekat ke gawang Maarten Paes, melainkan juga sering melakukan tikaman dari sisi kiri via skema serangan balik. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Shin Tae-yong juga bisa menerapkan kembali karakter permainan Timnas Indonesia khas eranya, yakni bermain rapat di belakang dan menghukum lawan lewat serangan balik cepat.

Kehadiran Mees Hilgers bisa semakin memperkukuh lini belakang Timnas Indonesia. Hilgers bisa dipasang sebagai satu dari trio bek tengah bersama Rizky Ridho, dan Jay Idzes.

Di sisi kanan pertahanan, Sandy Walsh bisa menjadi opsi. Sementata di sisi kiri jelas menjadi milik Calvin Verdonk.

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara Grup C R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
 

Berita Terkait