3 Pemain Uzur yang Tampil Brilian di BRI Liga 1 2024/2025: Tua-Tua Keladi!

oleh Wahyu Pratama diperbarui 09 Okt 2024, 11:30 WIB
BRI LIGA 1 - Ilustrasi Logo BRI Liga 1 Musim 2024/2025 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Usia hanyalah angka bukan sekadar sebuah ungkapan bagi seorang pesepak bola. Tuntutan fisik dan stamina prima, tak menyurutkan langkah mereka. Begitu pun yang terlihat di BRI Liga 1 2024/2025.

Pola hidup sehat jadi salah satu kunci untuk awet berkarya di usia yang tak lagi muda. Namun, yang utama bagaimana mereka beradaptasi dengan taktik yang semakin kompleks.

Advertisement

Kehadiran banyak pelatih asing membuat kompetisi BRI Liga 1 2024/2025 terus berkembang.  Ini yang membuat pemain matang macam mereka tetap dibutuhkan dalam tim. Walau secara kemampuan mengalami penurunan.

Para pemain gaek ini mengompensasi hal tersebut dengan beribu pengalaman yang membantu mereka bersaing dengan para junior.

Siapa saja pemain di atas 35 tahun yang tetap tampil istimewa di kompetisi musim ini? Berikut ulasan lengkap khas Bola.com.

 
2 dari 5 halaman

Ciro Alves (Persib Bandung)

Pemian Persib Bandung, Ciro Alves melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka timnya ke gawang PSM Makassar pada laga Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (19/07/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Nama pertama yang layak masuk dalam daftar ini adalah Ciro Alves. Winger Persib Bandung itu tetap tampil dominan meski usianya mendekati kepala empat.

Walau ditinggalkan David da Silva yang menepi karena cedera, pria asal Brasil itu tetap tampil prima. Ia menjalin kemitraan dengan baik bersama Tyronne del Pino dan Dimas Drajad.

Catatan enam assist menempatkannya sebagai pengumpan gol terbanyak sejauh ini. Tidak hanya itu, ia juga mampu membuat sebiji gol dalam tujuh penampilan awal.

3 dari 5 halaman

Fachruddin Wahyudi Aryanto (PSS Sleman)

Kapten tim PSS Sleman, Fachruddin Aryanto (kiri) berebut bola dengan pemain Semen Padang, Kenneth Ngwoke pada laga pekan ke-3 BRI Liga 1 2024/2025 di Lapangan STIK-PTIK, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pemain selanjutnya yang berada dalam daftar ini adalah Fachruddin Wahyudi Aryanto. Walaupun PSS Sleman berada di dasar klasemen, pria asal Klaten itu tetap mampu tampil istimewa.

Kombinasinya dengan Cleberson Martins sejatinya cukup sulit ditembus. Terlepas posisi di papan klasemen, Super Elang Jawa hanya kebobolan tujuh gol dari tujuh laga.

Eks penggawa Madura United ini sendiri tercatat sebagai pemain dengan sapuan terbanyak di kompetisi musim ini. Menunjukkan kemampuannya tak berkurang drastis di usia senja.

 

4 dari 5 halaman

Fabiano Beltrame (PSBS Biak)

Alexsandro dan Fabiano Beltrame dalam laga final leg pertama Pegadaian Liga 2 2023/2024 antara PSBS Biak Vs Semen Padang, Selasa (5/3/2024). (Dok. PSBS Biak)

Makin tua makin menjadi, ungkapan itu tepat untuk menggambarkan sosok Fabiano Beltrame bersama PSBS Biak. Walau sudah berusia 41 tahun, kemampuannya sama sekali tak berkurang.

Sempat menghilang di laga perdana, kehadirannya benar-benar mampu memperbaiki pertahanan Badai Pasifik. Julian Velazquez dan Jaimerson begitu nyaman mengikuti komandonya.

Alhasil, kemenangan demi kemenangan berhasil diperoleh PSBS Biak di bulan September. Posisi mereka pun terkerek hingga peringkat sembilan pada jeda internasional kali ini.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Berita Terkait