Buat Gantikan Wu Lei dan Alan, Pelatih Timnas China Panggil Winger yang Habis Kena Skors

oleh Aning Jati diperbarui 09 Okt 2024, 07:30 WIB
Pemain China Wei Shihao (C), mengontrol bola selama pertandingan sepak bola kualifikasi AFC Piala Dunia FIFA 2026 antara China dan Thailand di Shenyang, di provinsi Liaoning, China timur laut, pada 6 Juni 2024. (AFP)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas China, Branko Ivankovic, memanggil Wei Shihao untuk menggantikan tempat Wu Lei dan Alan di Tim Naga, khususnya untuk pertandingan tandang kontra Australia di matchday ketiga grup C putaran ketiga kualifikasi Asia Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (10/10/2024).

Wei Shihao melewatkan dua laga pembuka Timnas China, masing-masing saat bertandang ke Jepang dan menjamu Arab Saudi.

Advertisement

Ia absen membela timnas lantaran diskors oleh CFA (Asosiasi Sepak Bola China) karena insiden pelanggaran keras terhadap pemain Wuhan saat pertandingan di Liga Super China, April lalu.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Wu Lei dan Alan, harus absen saat Tim Naga bertandang ke Adelaide karena mengalami cedera.

Kondisi kedua pemain kunci Timnas China ini masih terus dipantau apakah bisa diturunkan ketika menjamu Timnas Indonesia pada matchday keempat atau justru membutuhkan pemulihan lebih panjang.

"Saya pikir setiap pemain yang bergabung dengan tim nasional sudah siap," kata Wei, mengomentari pemanggilannya kembali ke timnas.

"Selalu ada tekanan, tetapi kami menggunakannya sebagai motivasi untuk berkembang dan tampil baik di pertandingan mendatang," imbuh pemain yang sudah gabung Timnas China senior sejak 2017 ini.

2 dari 4 halaman

Penempatan Posisi

Striker tim nasional China, Wu Lei. (AFP)

Wei Shihao sejatinya adalah pemain sayap. Namun, untuk laga menghadapi Australia, pelatih Ivankovic berencana menempatkannya sebagai penyerang tengah.

Kendati ada perubahan posisi, Wei Shihao percaya para pemain harus beradaptasi dengan rencana taktis yang berbeda.

"Setiap pelatih memiliki pendekatan mereka sendiri," kata Wei.

"Sebagai pemain, kami harus fleksibel. Baik bermain di sayap, sebagai gelandang serang, atau lebih dalam, itu menguntungkan Anda. Pelatih tidak boleh beradaptasi dengan Anda; Anda perlu beradaptasi dengan pelatih," imbuh pemain Chengdu Rongcheng ini.

Terkait peluang Timnas China di pertandingan nanti, Wei Shihao juga berkomentar.

3 dari 4 halaman

Lontarkan Janji Perubahan

Timnas China akan menjadi satu di antara lawan Timnas Indonesia pada laga putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (AFP/KARIM JAAFAR)

Wei Shihaho menunjukkan sikap optimistis menjelang pertandingan melawan Australia. Ia menyampaikan keyakinannya terhadap peluang Timnas China, meski tekanan tinggi sedang dirasakan.

"Sepak bola itu tidak bisa diprediksi," ujar Wei.

"Tidak ada yang bisa memastikan siapa yang akan menang; kedua tim punya kesempatan," ucapnya.

Dengan waktu kurang dari 48 jam hingga pertandingan, ketegangan meningkat di sesi latihan China di Stadion Service FM, di pinggiran Adelaide. Tim berada di bawah tekanan setelah kekalahan beruntun dalam dua pertandingan pertama mereka.

China saat ini berada di dasar klasemen Grup C, setelah menderita kekalahan 0-7 dari Jepang dalam pertandingan pembuka mereka, diikuti oleh kekalahan kandang 1-2 dari Arab Saudi yang bermain dengan 10 pemain.

Mengomentari kekalahan ini, Wei melontarkan janji.

"Kami pasti akan melakukan beberapa penyesuaian. Akan ada perubahan dalam mentalitas kami dan area lainnya," jawabnya.

 

Sumber: Xinhua

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB