3 Pemain yang Tidak Kesampaian Dilatih oleh Jose Mourinho: Lionel Messi sampai Duo AS Roma Francesco Totti dan Daniele De Rossi

oleh Choki Sihotang diperbarui 09 Okt 2024, 14:45 WIB
Pelatih Fenerbahce asal Portugal, Jose Mourinho, berdiri di lapangan sebelum pertandingan sepak bola Liga Super Turki antara Fenerbahce dan Galatasaray di Stadion Fenerbahce Sukru Saracoglu di Istanbul pada 21 September 2024. (Ozan KOSE/AFP)

Bola.com, Jakarta - Semua orang pasti punya tim impian yang berisikan sejumlah pemain top, tak terkecuali pelatih sekaliber Jose Mourinho.

Selama kariernya yang panjang, Jose Mourinho diam-diam ternyata punya rancanangan ihwal tim impiannya.

Advertisement

Mantan pembesut Manchester United dan Inter Milan yang saat ini dipercaya menukangi raksasa Turki, Fenerbache, dikenal sebagai juru taktik bertangan dingin.

The Spesial One juga pernah mengotaki klub beken lainnya macam Chelsea, Real Madrid, dan AS Roma.

Selama di Inggris, ia telah bekerja sama erat dengan beberapa legenda sepak bola macam Samuel Eto'o, Didier Drogba, Frank Lampard, dan Cristiano Ronaldo.

 

2 dari 4 halaman

Tidak Kesampaian Latih Lionel Messi

Jose Mourinho dan Lionel Messi. (Istimewa)

Namun, terlepas dari semua prestasinya, pria 61 tahun ber-KTP Portugal tersebut masih menyesal karena tak kesampaian melatih beberapa pemain, termasuk Lionel Messi.

"Misalnya, saya tidak pernah melatih Lionel Messi, tetapi tidak ada yang bisa melatih Messi," kata Jose Mourinho.

"Tidak masuk akal untuk berpikir Anda bisa melatihnya, karena ia terlahir dengan segalanya dan sudah tahu segalanya."

"Ia mungkin mengajari Anda beberapa hal. Yang bisa Anda katakan hanyalah bahwa Anda merasa terhormat memilikinya di skuad Anda," tambahnya. 

3 dari 4 halaman

Totti dan De Rossi

Daniele De Rossi dan Francesco Totti terlihat sedang bebincang di banch saat laga lanjutan Serie A, di Stadion Olimpico, Sabtu atau Minggu (20/3/2016) dini hari WIB. (AFP/ Gabriel Bouys)

Menariknya Jose Mourinho turut mengutarakan dua pemain AS Roma yang pernah ia minati ketika melatih tim lain. 

"Untuk tetap berada dalam tema Roma, saya ingin memiliki Daniele De Rossi saat melatih Inter Milan dan Real Madrid, tetapi itu tidak mungkin," ungkap Mourinho. 

"Saya juga menginginkan Francesco Totti di Inter, meskipun usianya saat itu, tetapi itu juga tidak mungkin. Mereka adalah pemain yang selalu saya inginkan dalam karier saya," tambah pria berusia 61 tahun itu.

 

4 dari 4 halaman

Rekam Jejak Saat Latih AS Roma

Mourinho, meski mengalami penurunan dalam hal trofi, dipandang sebagai pahlawan di AS Roma. Ia membawa klub itu memenangkan Conference League pada tahun 2022.

Dia tampak kesal saat meninggalkan klub pada bulan Januari 2024. Ironisnya, orang yang menggantikan Mourinho di Roma sebenarnya adalah De Rossi, tetapi ia juga telah pindah.

Mourinho tidak akan pernah mendapat kesempatan untuk melatih De Rossi atau Totti. Lionel Messi, 37, bermain di MLS bersama Inter Miami, jadi kecil kemungkinan mereka akan bertemu.

Sumber: Sportbible

Berita Terkait