Totalitas! 1.500 Suporter Diprediksi Dukung Timnas Indonesia di Kandang Bahrain, Banyak yang Datang dari Timur Tengah

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 09 Okt 2024, 13:00 WIB
Para suporter Indonesia memberi dukungan saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Irak U-23 pada laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dipastikan tidak akan berjuang sendirian di kandang Timnas Bahrain dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim Garuda bakal mendapaktan dukungan dari suporter setia.

Timnas Indonesia akan menantang tuan rumah Bahrain dalam matchday ketiga Grup C di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis malam waktu setempat (10/10/2024).

Advertisement

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memperkirakan sekitar 1.400 suporter bakal memotivasi Timnas Indonesia secara langsung di Bahrain National Stadium.

Dari jumlah itu, 400 pendukung di antaranya berasal dari Bahrain. Sisanya, tersebar dari suporter Timnas Indonesia di Timur Tengah, dari Arab Saudi, Qatar, Kuwait, hingga Oman.

2 dari 3 halaman

Minta Kuotan 2.000

Suporter Indonesia membuat koreografi saat memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024 melawan Korea Selatan U-23 di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Qatar, Jumat (26/04/2024) WIB. (Dok. AFC)

Sebelumnya, PSSI telah meminta kuota 2.000 untuk pendukung Timnas Indonesia kepada Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) dari 24 ribu kapasitas Bahrain National Stadium.

"Mungkin sekitar hampir 1.500-an suporter Timnas Indonesia di Bahrain. Dari Bahrain, ada 400 orang. Selain itu dari Arab Saudi, Qatar, Oman, dan Kuwait," ujar Arya.

"Saya menerima laporan dari Garuda Qatar karena kami berhubungan sama mereka lalu kami kontak-kontakan dengan mereka dan support mereka juga," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Rapi dan Terorganisasi

Keberhasilan Timnas Indonesia mengimbangi tuan rumah Timnas Arab Saudi 1-1 dalam matchday pertama Grup C pada 5 September 2024 membuat diaspora Indonesia menjadi makin semangat mendukung Rizky Ridho dkk.

"Hasil melawan Arab Saudi itu memang membuat antusias diaspora di Timur Tengah menjadi antusias. Jadi, kami sangat berterima kasih dengan kawan-kawan di sana," imbuh Arya.

"Mereka membentuk kelompok suporter. Mereka rapi. Mereka sewa bus dan hotel. Semua rapi banget. Jadi, laporan dari mereka itu terorganisasi banget, yang berangkat," ungkapnya.

Berita Terkait