Sedang Euforia, Bojan Hodak dan Sergio van Dijk Yakin Timnas Indonesia Bisa Bungkam Bahrain

oleh Erwin Snaz diperbarui 09 Okt 2024, 16:15 WIB
Para pemain starting XI Timnas Indonesia (dari kiri) Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Marselino Ferdinan, Rizky Ridho dan Sandy Walsh berbaris menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya jelang dimulainya laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menghadapi Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Bahrain pada matchday ketiga putaran ketiga kualifikasi Grup C Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (10/10/2024) malam WIB di Bahrain.

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, optimistis bahwa meski berat, Timnas Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong masih memiliki peluang untuk mengalahkan Bahrain.

Advertisement

"Menurut saya, Indonesia punya peluang. Bahrain adalah negara dengan level yang tinggi. Pelatih mereka, Dragan Talajic, adalah teman lama saya, dan kami pernah bermain bersama," ujar Bojan di Bandung, Rabu (9/10/2024).

Bojan dan Dragan sama-sama pernah memperkuat klub Singapura saat masih aktif bermain pada akhir 90-an hingga awal 2000-an. Klub yang mereka bela bertemu di S. League. Bojan memperkuat Jurong sedangkan Dragan membela Tanjong Pagar United.

Hodak menambahkan bahwa sejak ditangani Dragan, Bahrain tampil solid, terutama dalam bertahan dan melakukan serangan balik.

"Ini yang menjadi ancaman dari Bahrain, tapi mereka juga pernah kalah telak dari Jepang," tuturnya.

Menurut Hodak, jika Timnas Indonesia bisa menemukan celah saat Bahrain menyerang, hasil positif bisa dicapai.

2 dari 3 halaman

Prediksi Skor

Eks striker Persib Bandung, Sergio van Dijk menyambangi sesi latihan Persib di bawah asuhan Luis Milla yang berlangsung di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Rabu (08/02/2023). (Erwin Snaz/Bola.com)

Optimisme menang atas Bahrain juga diapungkan mantan striker Timnas Indonesia, Sergio van Dijk.

"Melihat performa timnas sekarang, saya prediksi Indonesia menang 2-1," kata Sergio di Bandung.

Menurutnya, euforia di timnas sangat besar setelah hasil baik melawan tim-tim kuat, seperti Australia. Sergio juga yakin bahwa peluang Indonesia melawan China cukup bagus.

"Untuk lolos memang masih berat, tapi peluang Indonesia saat ini lebih besar. Kalau hasil melawan Bahrain dan China bagus, mungkin kualifikasi bisa diraih," ujarnya.

Sergio juga menyoroti bahwa saat ini lebih banyak pemain naturalisasi di Timnas Indonesia, yang menurutnya penting untuk meraih hasil lebih baik di masa depan.

Namun, Sergio mengingatkan pentingnya mengembangkan pemain lokal untuk jangka panjang.

"Jika hasilnya kurang baik, euforia ini bisa hilang," ia mengingatkan.

Selain itu, ia mengapresiasi pengalaman para pemain Indonesia yang makin banyak di kancah sepak bola Eropa, yang dianggap penting untuk mencapai Piala Dunia.

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup C Putaran Ketiga Piala Dunia 2024 Zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
 

Berita Terkait