Dukung Timnas Indonesia Ibarat Bela Negara, WNI di Timur Tengah Rela Cuti untuk Awayday ke Bahrain

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 09 Okt 2024, 18:15 WIB
Timnas Indonesia - Ilustrasi Suporter Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Demam Timnas Indonesia melanda WNI di Timur Tengah. Setelah melawan Arab Saudi di Jeddah pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 September lalu, kini skuad Garuda akan menantang Bahrain.

WNI di Timur Tengah pun berbondong-bondong away ke Manama, Bahrain. Termasuk warga asal Solo, Andri Hartanto, yang akan memboyong keluarganya dari Riyadh, Arab Saudi, ke Bahrain.

Advertisement

Andri sebelumnya bekerja di Bahrain selama 6 tahun sehingga sudah hafal bagaimana cara bepergian ke sesama negara GCC.

"Rencananya kami sekeluarga menempuh jalur darat dari Riyadh, nanti akan bertemu dengan teman-teman dari Garuda Bahrain, Qatar, dan yang lainnya," katanya kepada Bola.com.

Andri rela mengambil cuti kerja demi mendukung Timnas Indonesia. Ia pun mengizinkan anaknya untuk off sekolah.

"Kapan lagi ya mendukung Timnas Indonesia. Dan sebagai WNI di sini, mendukung Timnas Indonesia itu ibarat membela negara. Jadi bagaimanapun caranya kami akan datang," katanya.

2 dari 4 halaman

Jalur Darat

Suporter Indonesia membuat koreografi saat memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024 melawan Korea Selatan U-23 di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Qatar, Jumat (26/04/2024) WIB. (Dok. AFC)

Andri bersama keluarganya menempuh jalur darat sekitar 5 jam dari Riyadh. WNI yang sudah menjadi permanent residence di negara GCC (Gulf Cooperation Council), tidak perlu mengurus visa, tinggal membawa ID yang dikeluarkan negara masing-masing.

"Kami menempuh jalur darat, ada jembatan sekutar 25km yang menghubungkan Arab Saudi dengan Bahrain. Aksesnya gampang, yang sudah punya ID dari Qatar, Saudi, UAE, Oman, sudah tidak perlu visa," katanya.

Menurut Andri, WNI di Timur Tengah sangat antusias.

"Tentu, sejak Piala Asia, kami sangat antusias mendukung Timnas Indonesia. Mungkin besok akan lebih banyak yang dari luar Bahrain, karena WNI di Bahrain tidak sebanyak di Qatar atau Saudi," katanya.

3 dari 4 halaman

Tiket Langsung Ludes

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Ivar Jenner dengan menghampiri para suporter setelah mencetak gol ke gawang Irak U-23 pada laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024). (AFP/Karim Jaafar)

WNI yang tergabung di Garuda Timur Tengah yang bakal hadir ke Bahrain National Stadium bertempat tinggal di Bahrain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Oman sampai Qatar.

Hari Kamis (03/10/2024), Wakil Ketua Garuda Bahrain Body Pernandes bersama Wakil Ketua Garuda Qatar Vidi Viciandrie melakukan pengambilan tiket ke kantor Federasi Sepak Bola Bahrain. 

Menurut BonDes-sapaan akrab Body Pernandes, menurut data per hari ini, sekitar 1.300 Garuda Timur Tengah akan datang langsung ke stadion untuk menyaksikan aksi Timnas Indonesia versus Bahrain. 

Namun jumlah tersebut masih bisa bertambah karena alokasi tiket untuk fans Timnas Indonesia adalah sekitar 2 ribu tiket. 

4 dari 4 halaman

2000 Tiket

"Hingga saat ini sudah ada dua batch pemesanan tiket. Batch 1 ada 795 lembar tiket kelas reguler, 58 VIP. Lalu Batch 2 ada 422 tiket reguler, 19 VIP," kata BonDes saat diwawancara Bola.com.

 "Jumlah tersebut masih bisa bertambah. Karena fans Timnas Indonesia mendapat kuota tiket reguler 2 ribu dan VIP 2 ratus," lanjut pria yang juga menjabat Ketua Indonesian Football Communitty Bahrain (IFCB).

Berita Terkait