Jurgen Klopp Kembali ke Sepak Bola, Jadi Direktur Olahraga Red Bull

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 09 Okt 2024, 19:15 WIB
Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman berusia 54 tahun yang telah membesut Liverpool selama 7 musim sejak didatangkan dari Borussia Dortmund pada awal musim 2015/2016 ini mampu membawa Borussia Dortmund dan Liverpool berlaga di final Liga Champions. Bersama Dortmund ia melakukannya satu kali pada musim 2012/2013 saat kalah 0-1 dari Bayern Munchen. Sementara Liverpool dibawanya 3 kali ke final, musim 2017/2018, 2018/2019 dan 2021/2022. Hanya musim 2018/2019 Liverpool dibawanya juara usai mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0. (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta Mantan manajer Liverpool, Jurgen Klopp akan kembali ke dunia sepak bola pada Tahun Baru.

Klopp, menurut laporan Florian Plettenberg dari Sky Deutschland, telah setuju untuk menjadi direktur sepak bola baru Red Bull.

Advertisement

Kesepakatan tersebut akan dimulai pada 1 Januari 2025, dan mencakup klausul pemutusan hubungan kerja jika Jerman menawarinya pekerjaan di tim nasional.

Sebelym Jurgen Klopp, Ralf Rangnick pernah memegang peran di Red Bull di masa lalu.

Dalam mengambil alih jabatan tersebut, Jurgen Klopp akan mengawasi pengembangan tim-tim Red Bull, RB Leipzig, RB Salzburg, New York Red Bulls, dan RB Bragantino.

2 dari 3 halaman

Kembali Setelah Rehat

Liverpool FC - Jurgen Klopp (Bola.com/Adreanus Titus)

Jurgen Klopp tetap memegang teguh komitmennya untuk rehat dulu dari lapangan hijau selama setahun. 

Ia benar-benar menikmati waktunya sampai pekerjaan yang tepat datang.

Padahal, pelatih asal Jerman itu santer disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat menggantikan Gareth Southgate yang mundur dari jabatan pelatih Inggris setelah kalah di final Euro 2024 dari Spanyol. Artinya, FA harus bergerilya lagi mencari kandidat lain sebagai pengganti Southgate. 

3 dari 3 halaman

Waktu yang Tepat

Jurgen Klopp. Pelatih berusia 54 tahun yang kini menangani Liverpool ini belum pernah sekalipun mengalami pemecatan saat mengarsiteki Mainz 05 dan Borussia Dortmund. Ditambah saat menangangi The Reds, ia total telah mengoleksi 11 trofi juara sejak 2001. (AFP/Ben Stansall)

Klopp menghabiskan sembilan tahun di Anfield bersama Liverpool, tetapi mengagetkan banyak orang ketika menyatakan mundur pada akhir musim 2023/2024. 

Setelah sekian lama menghadapi tekanan tinggi di Liverpool sangat bisa dimengerti Klopp pilih menjauh dulu dari lapangan hijau. Apalagi, menjadi pelatih Timnas Inggris juga pasti akan mendapat sorotan dan tekanan tinggi. 

Sekarang, sudah saatnya sang maestro berkarya lagi.

Berita Terkait