Meet the World with SKF, Road to Gothia Cup 2025 Digelar di 6 Kota Indonesia

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 09 Okt 2024, 20:45 WIB
Konferensi pers Gothia Cup yang akan berlangsung di Swedia pada 2025. (Bola.com/Muhamad Luthfi Ma'ruf-magang MSIB 7 2024)

Bola.com, Jakarta Turnamen sepak bola usia muda bertajuk Meet the World with SKF akan segera berlangsung di Indonesia. Ini menjadi langkah awal menuju turnamen level Internasional terbesar untuk usia muda, Gothia Cup yang akan berlangsung di Swedia pada 2025.

Pada jumpa pers yang digelar pada 9 Oktober 2024, SKF, perusahaan multinasional asal Swedia, secara resmi mengumumkan penyelenggaraan turnamen ini, yang sekaligus merupakan kualifikasi resmi pertama Gothia Cup 2025 Swedia di Indonesia.

Advertisement

Ajang ini tidak hanya berfungsi sebagai kompetisi tetapi juga wadah dan kesempatan emas bagi pemain muda berbakat Indonesia untuk unjuk gigi di kancah internasional.

“Melalui program ini, SKF mencoba ikut serta mengembangkan generasi muda melalui sepak bola. Ini adalah cara SKF berkomitmen tidak hanya berorientasi pada bisnis tetapi juga mengutamakan nilai-nilai positif,” kata Satheswaran Mayachandran, President Director SKF.

Ajang kualifikasi ini akan diadakan di enam kota besar, dimulai dari Jakarta pada 2-3 November, dilanjutkan ke Bandung (9-10 November), Surabaya dan Solo (15-16 November), Pekanbaru, serta Makassar. Babak grand final akan digelar di Jakarta pada 23 November 2024.

Awalnya, turnamen ini direncanakan hanya berlangsung di empat kota, namun tingginya minat dari berbagai daerah membuat penyelenggara menambah dua kota lagi, yaitu Pekanbaru dan Makassar ke dalam jadwal turnamen.

2 dari 3 halaman

Aturan Kompetisi

Konferensi pers Gothia Cup yang akan berlangsung di Swedia pada 2025. (Bola.com/Muhamad Luthfi Ma'ruf-magang MSIB 7 2024)

Menariknya antusiasme masyarakat pencinta sepakbola terhadap turnamen ini sangat besar, bahkan melebihi ekspektasi awal. Chandra Syahriar, Sports Management SKF Indonesia, membeberkan sampai saat ini, sudah ada lebih dari 200 tim mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam babak kualifikasi regional.

“Tadinya kita berencana untuk melaksanakan turnamen ini hanya di empat kota, tapi banyaknya demand dari tempat lain membuat kita menambah dua kota lagi. Kami sangat senang dan berharap turnamen ini akan berjalan sukses.” ungkap Chandra Syahriar.

Kompetisi akan diikuti oleh tim-tim terbaik dari masing-masing kota yang lolos babak regional. Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Solo masing-masing akan mengirimkan empat tim, sementara Makassar dan Pekanbaru masing-masing akan mengirim dua tim.

Tim-tim yang lolos dengan jumlah total 20 tim akan bersaing lagi di babak grand final di Jakarta untuk memperebutkan tiket ke Gothia Cup 2025. Pertandingan akan berlangsung dengan durasi 2 x 10 menit, sesuai aturan sepak bola usia 12 tahun.

3 dari 3 halaman

Inisiatif untuk Sepakbola Wanita dan Dukungan PSSI

Tak hanya untuk kaum pria, SKF juga turut berkomitmen terhadap pemberdayaan perempuan. Melalui program SKF Go to Challenge, SKF berencana akan menyelenggarakan pertandingan persahabatan antar siswi sekolah dasar di Jakarta.

“Ini adalah bagian dari inisiatif kami dalam mendukung pertumbuhan sepak bola wanita di Indonesia,” ungkap Satheswaran Mayachandran kepada media saat jumpa pers.

 

Ketua PSSI, Erik Thohir, yang turut hadir dalam acara konferensi pers tersebut, Erik Thohir menyatakan dukungan penuh terhadap inisiatif SKF dalam mewadahi bibit muda tanah air.

“Pencarian bibit muda sangat penting, maka nya saya menyempatkan hadir ke acara ini karena event ini juga membangun grassroot dari bawah terkhususnya U-12. Saya berharap event ini dapat membangun fondasi yang kuat bagi pengembangan sepak bola usia dini di Indonesia,” ujar Erik Thohir selaku Ketua PSSI.