Klub Liga Inggris Ini Diingatkan Jangan Rekrut Jose Mourinho, Sentuhan Emasnya Sudah Memudar

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 09 Okt 2024, 18:52 WIB
2. Jose Mourinho (Chelsea) - Pada musim 2014-2015 The Special One berhasil membawa Chelsea menjuarai Liga Inggris. Namun, karena permasalahan internal klub, Mourinho akhirnya dipecat pada 17 Desember 2015. (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, Jakarta - Klub Liga Inggris, Everton, dikabarkan ingin memboyong Jose Mourinho ke Goodison Park. Namun, mantan pemain Everton buru-buru memperingatkan risiko yang dihadapi jika ingin merekrut pelatih asal Portugal itu, karena sentuhan emasnya dianggap sudah memudar. 

Pengambilalihan Everton oleh Friedkin Group sedang berlangsung. Mereka sudah mencapai kesepakatan untuk membeli 94% saham mayoritas Farhad Moshiri di The Toffees.

Advertisement

Pemilik dan CEO perusahaan, Dan Friedkin, disebut-sebut tertarik menggaet Mourinho, yang pernah menangani klub seperti Real Madrid, Chelsea, dan Manchester United. 

Namun, mantan pemain dan pelatih Everton, Alan Stubbs, ragu itu akan menjadi langkah yang baik bagi The Toffees. Ua mengatakan Jose Mourinho telah menjadi pahit dan masam dalam beberapa tahun terakhir.

 

2 dari 4 halaman

Sudah Jauh dari Masa Puncaknya

Jose Mourinho bermain untuk klub Rio Ave 1980, Mou berganti klub ke Belenenses, Sesimbra dan Comércio e Indústria. Kurang sukses sebagai pemain, Mou banting setir jadi pelatih dan sukses bersama Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid. (AFP/Jack Guez)

Masa jabatan Mourinho sebagai pelatih Manchester United dan Tottenham Hotspur berakhir buruk. Stubbs yakin pelatih berusia 61 tahun itu bukanlah sosok yang sama seperti satu dekade lalu. 

“Jika Everton akan menunjuk Mourinho di masa lalu, Mourinho muda yang sangat sukses dan karismatik, maka saya akan mengatakan ya untuk membawanya ke klub," kata Stubbs seperti dikutip Metro, Rabu (9/10/2024). 

"Tanpa bersikap tidak hormat kepada Sean Dyche, saya pikir sebagian besar penggemar Everton akan melakukannya karena di masa puncaknya Mourinho adalah manajer yang sangat istimewa." 

“Jika Everton ingin merekrutnya sekarang, sejujurnya saya rasa itu bukan langkah yang baik," imbuhnya. 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Jarang Berkilau

Pelatih anyar Fenerbache, Jose Mourinho. (Yasin AKGUL / AFP)

Stubbs mengatakan kiprah Jose Mourinho saat ini sudah jauh dari masa puncaknya. Jadi, Everton diminta berpikir ulang. 

“Beberapa masa jabatan terakhirnya di manajemen tidak membuahkan hasil. Dia kadang-kadang masih memberikan sedikit kilauan, tapi itu jarang. Saya pikir dia menjadi sedikit getir dan masam selama dekade terakhir," tutur Stubbs. 

“Dia jelas memiliki karier yang luar biasa. Saya tidak terlalu yakin apakah dia orang yang tepat, dan apakah ini saat yang tepat atau tidak."

“Jelas, Grup Friedkin mengenalnya dengan baik, jadi jika mereka mengambil keputusan dan ingin dia masuk, saya harus mendukungnya. Jika Daniel Friedkin berpikir bahwa Jose Mourinho dapat membawa Everton ke tempat yang diinginkan klubnya, maka dia akan mendapat dukungan penuh dari saya dalam pekerjaan itu," imbuhnya. 

Sumber: Metro 

 

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait