Memprediksi Laga Kontra Bahrain Berjalan Sulit, Marc Klok Doakan Timnas Indonesia Bawa Pulang Poin

oleh Erwin Snaz diperbarui 10 Okt 2024, 07:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok saat menghadapi Vietnam dalam laga leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Bandung - Mantan gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok, menyebutkan Tim Garuda tak akan mudah mengalahkan Timnas Bahrain pada laga ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Namun, Marc Klok tetap berharap poin bisa dibawa pulang.

Timnas Indonesia akan dijamu Bahrain pada Kamis (10/10/2024) malam pukul 23.00 WIB di Bahrain National Stadium, Riffa. Kemudian lawan Timnas China pada 15 Oktober 2023 di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao.

Advertisement

"Saya pikir akan sulit bagi Indonesia, tapi semoga kita dapat poin dan kita ada mimpi untuk lolos ke Piala Dunia," ujar Marc Klok di Bandung, Rabu (9/10/2024).

"Semua tahu bagaimana kekuatan Bahrain dan China, tapi saya pikir kita bisa walaupun memang tidak mudah," lanjut pemain kelahiran Belanda ini.

Mengenai kekuatan Bahrain, Marc Klok mengakui bahwa tim yang dibesut Dragan Talajic tersebut sangat bagus. Selain berisikan pemain-pemain bagus, secara fisik pun sangat kuat menurut Marc Klok.

"Tetapi semoga dengan kekuatan kita yang banyak pemain baru, Indonesia akan lebih kuat lagi, kita lihat saja nanti," cetus Marc Klok.

 

2 dari 4 halaman

Terus Mematangkan Persiapan

Pemain Timnas Indonesia, Calvin Verdonk (kanan) melakukan pemanasan bersama Wahyu Prasetyo saat mengikuti latihan menjelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2025 melawan Bahrain di Hamad Town Youth & Sports Ground pada Senin (07/10). (Dok. PSSI)

Sementara itu, Timnas Indonesia semakin intens mematangkan persiapan untuk menghadapi Bahrain nanti. Dalam sesi latihan sore tadi, para pemain difokuskan kepada pemulihan kondisi fisik.

Dalam sesi latihan tersebut, juga sudah terlihat Maarten Paes. Ia baru gabung setelah menempuh perjalanan panjang dari Amerika Serikat.

"Kemarin ada pemain yang baru bergabung dan hari ini juga, termasuk Maarten Paes yang sudah tiba di sini bersama kita. Tadi kami menggelar sesi latihan yang berfokus ke conditioning,” kata Shin Tae-yong seusai memimpin sesi latihan seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Selain Maaten Paes, dua pemain lainnya yakni Eliano Reijnders dan Mees Hilgers juga sudah bergabung dan mengambil peran di sesi latihan tersebut.

"Mees Hilgers datang kemarin, menempuh perjalanan jauh dan lama, dia berfokus ke pemulihan dan harapannya dia bisa tampil bagus untuk tim, tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Tak Memikirkan Balas Dendam, Fokus Permainan

Ekspresi kaget pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong setelah mendengar Garuda pernah dihajar Bahrain 0-10. (Tangkapan layar dari video wawancara PSSI)

Terkait dengan target tim di pertandingan versus Bahrain nanti, Shin Tae-yong tak mau pemainnya memikirkan rekor pertemuan.

Apalagi setelah pelatih asal Korea Selatan itu tahu bahwa Timnas Indonesia pernah kalah 10 gol tanpa balas ketika menghadapi Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Sejauh ini tim menikmati serangkaian materi latihan yang disajikan dan siap memberikan yang terbaik di lapangan hijau nanti.

“Daripada kita memikirkan balas dendam atas kekalahan itu, kita lebih baik berfokus ke permainan. Bagaimana kita bisa menunjukkan permainan yang kita suka dan permainan yang kita rencanakan,” tegasnya.

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
 

Berita Terkait