Luke Keet Ogah Bocorkan Perbincangan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir

oleh Choki Sihotang diperbarui 10 Okt 2024, 15:45 WIB
Ketua umum PSSI, Erick Thohir memberikan sambutan saat konferensi pers Pegadaian Liga 2 2024/2025 yang berlangsung di The Gade Tower, Senen, Jakarta, Selasa (03/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Program naturalisasi yang terus digalakkan PSSI sejauh ini telah membuka mata dunia terkait perkembangan Timnas Indonesia. Kini, PSSI menargetkan Indonesia tampil di Piala Dunia 2026.

Dalam dua tahun belakangan, tepatnya sejak Erick Thohir menjabat Ketua Umum PSSI pada Maret 2023, timnas berhasil memenangkan kembali medali emas sepak bola SEA Games 2023.

Advertisement

Lalu menorehkan sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024, menggondol trofi Piala AFF U-19 2024, dan saat ini Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong tengah bertempur di Grup C ronde tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sukses tersebut tak lepas dari keberhasilan PSSI meyakikan pemain keturunan yang ada di luar negeri, utamanya Belanda, untuk mau menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Selanjutnya, PSSI masih akan terus melakukan naturalisasi. Sederet nama kini sudah ada di kantong Erick Thohir dan dalam waktu yang tak lama lagi sejumlah pemain keturunan bakal diambil sumpahnya.

Satu nama yang santer disebutkan masuk daftar adalah Luke Keet. Lewat kanal YouTube Yussa Nugraha belum lama ini, Luke Keet menuturkan kalau dirinya sudah bertemua Erick Thohir di Jakarta.

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Ogah Berikan Bocoran

Luke Keet, pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkarier di Yunani. (Istimewa)

Dalam pertemuan tersebut, Luke Keet, campuran Australia-Indonesia, pastinya menyampaikan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia.

Hanya saja, kelahiran Jakarta 28 Juli 2003 itu enggan mennyampaikan panjang lebar ihwal percakapannya dengan Erick Thohir.

"Banyak hal yang nggak bisa dishare untuk saat ini," kata Luke Keet.

Yang pasti, menurut pemain kepunyaan Niki Volou, klub Divisi 2 Yunani, dirinya punya kesan mendalam tentang sosok Erick Thohir.

"Dia pria yang membumi dan pria yang sangat baik. Kami bertemu dalam suasana yang sangat santai," ujar Luke Keet yang mengawali kariernyaa di Spanyol dan pernah pula ditempa di Inggris kala memperkuat Walthamstow, klub lokal nondivisi.

 

3 dari 4 halaman

Komunikasi Tidak Putus

Sekembalinya ke Yunani, komunikasi dengan PSSI ternyata tak putus begitu saja. "Sampai saat ini masih komunikasi dan percakapan kami sangat bagus," imbuh gelandang 21 tahun yang juga bisa bermain sebagai penyerang sayap.

Jika sekiranya bernasib baik, Luke Keet akan menambah panjang daftar pemain naturalisasi yang masuk ke Timnas Indonesia. Dua nama terakhir yang berhasil diyakinkan PSSI adalah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Keduanya bahkan sudah disertakan dalam laga lanjutan Grup C putaran ketiga kualifikasi melawan Bahrain dan China, 10 serta 15 Oktober.

 

4 dari 4 halaman

Tidak Ada Data Statistik

Luke Keet sendiri bergabung dengan klubnya saat ini sejak September lalu. Jadi belum ada data statistik terkait penampilannya di Liga 2 Yunani.

Yang pasti, Luke Keet masuk skuad utama dan ia berharap bisa mendapat banyak menit bermain serta tampil reguler.

"Saya tidak dapat waktu untuk mengikuti pramusim karena proses mendapatkan klub. Tapi pihak Niki Volou sudah sangat membantuku untuk melakukan adaptasi,” pungkas Luke Keet.

Berita Terkait