R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Cetak 2 Gol di Injury Time ke Gawang China, Australia Tampil Beda di Tangan Tony Popovic

oleh Gatot Sumitro diperbarui 10 Okt 2024, 19:45 WIB
Kolase - Aksi-aksi pemain Timnas Indonesia saat melawan Australia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Timnas Australia bangkit di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. The Socceroos menundukkan China di Stadion Adelaide Oval, Kamis (10/10/2024), dengan skor meyakinkan 3-1.

Padahal Australia kecolongan lebih dulu dari China pada menit ke-20 lewat sontekan Xie Wenneng. Namun Jackson Irvine dkk. tetap tampil tenang.

Advertisement

Bahkan Australia mampu mencetak gol pada injury time babak pertama berkat sundulan kepala Lewis Miller menit 45+2 dan babak kedua dari sontekan Nishan Velupillay menit 90+2. Satu gol lainnya dipersembahkan Craig Goodwin menit ke-53.

"Saya lihat Australia tampil beda di tangan Tony Popovic. Mereka tak terlalu bernafsu seperti dilatih Graham Arnold. Padahal mereka main di kandang sendiri yang dituntut main agresif," kata Gusnul Yakin.

2 dari 3 halaman

Kemajuan

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes, menangkap bola saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pengamat sepakbola asal Malang ini membedakan pertandingan Australia kala ditahan imbang Timnas Indonesia tanpa gol di Jakarta lalu.

"Ketika lawan Indonesia, mereka tampak tergesa-gesa bermain. Tapi kali ini mereka lebih tenang, meski dalam posisi ketinggalan. Popovic juga jeli melakukan pergantian yang membuat kinerja tim lebih meningkat lagi," ujarnya.

Kemenangan perdana ini mendongkrak posisi Australia di urutan kedua klasemen sementara dengan poin empat. Nilai sama seperti dimiliki Arab Saudi yang akan menjamu Jepang hari ini.

Australia tak hanya menggeser tempat Arab Saudi, tapi sekaligus posisi Bahrain dan Indonesia yang akan bentrokan di Bahrain National Stadium, Kamis (10/10/2024), pukul 23.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Menyalip Timnas Indonesia

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes, berusaha menghalau bola saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kemenangan ini membuat Socceroos melesat di klasemen sementara Grup C.

Australia berada di peringkat ketiga dengan empat poin dari tiga pertandingan hasil dari satu kemenangan, sekali seri, dan sekali kalah.

Sementara, Timnas Indonesia melorot ke peringkat kelima dengan perolehan dua angka dari dua pertandingan.

 

Berita Terkait