Gareth Southgate Jawab Rumor Gantikan Erik ten Hag di MU: Perlu Perubahan Total

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 10 Okt 2024, 21:30 WIB
Catatan terbaik Gareth Southgate saat menukangi Timnas Inggris adalah mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan runner up Euro 2020. Dengan banyaknya pemain bintang di Skuad The Three Lions, ia diharapkan mampu berbicara lebih di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Southgate diketahui merupakan salah satu pelatih dengan gaji paling mahal di perhelatan terbesar di dunia itu. Ia tercatat menerima upah sebesar 4,9 juta pound per tahun. (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta - Gareth Southgate dengan tegas menyudahi rumor akan menggantikan Erik ten Hag sebagai manajer Manchester United (MU). 

Mantan pelatih Timnas Inggris itu mengatakan tak akan kembali melatih setidaknya selama satu tahun. Dia memilih beristirahat dulu setelah mundur dari jabatannya selepas Euro 2024. 

Advertisement

Southgate santer dihubungkan dengan kepindahan ke Old Trafford, karena dikabarkan kenal dengan petinggi MU, termasuk Sir Jim Ratcliffe. 

Bursa taruhan juga menyebut Southgate sebagai salah satu kandidat favorit untuk menangani MU jika Erik ten Hag dipecat. 

 

2 dari 3 halaman

Perlu Perubahan Total

Timnas Inggris dipastikan tidak memiliki pelatih kepala untuk saat ini. Pasalnya Gareth Southgate memutuskan mundur dari jabatannya pasca Inggris kalah di Final Euro 2024. (AP Photo/Matthias Schrader, File)

Namun, Southgate telah mengakhiri spekulasi gabung ke Manchester United. Ia mengatakan perlu perubahan total setelah delapan tahun menjabat sebagai manajer Inggris.

“Saya pasti tidak akan melatih tahun depan. Saya yakin akan hal itu," kata Southgate seperti dikutip Mirror, Kamis (10/10/2024). 

“Saya perlu memberi diri saya waktu untuk membuat keputusan yang baik. Ketika keluar dari peran yang sangat besar, Anda perlu memberikan waktu pada tubuh Anda. Anda perlu memberikan waktu pada pikiran Anda. Saya beruntung ada banyak peluang yang muncul. Tidak perlu terburu-buru," imbuh dia. 

 

 

3 dari 3 halaman

Peluang Lain

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate usai gagal membawa The Three Lions jadi juara Euro 2024. (JAVIER SORIANO / AFP)

Southgate telah mengambil pekerjaan sebagai pengamat teknis untuk UEFA. Baru-baru ini ia juga berbicara tentang peluang lain di luar sepak bola.

Namun, jelas dia belum tergoda kembali ke pekerjaan manajerial yang intens. Jadi, siapa yang akan punya peluang lebih besar digaet MU jika Ten Hag dipecat? 

Sumber: Mirror

  

Berita Terkait