7 Pemain yang Paling Mengecewakan di Premier League 2024 /2025: Bruno Fernandes Ada Apa Denganmu?

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 11 Okt 2024, 09:15 WIB
Premier League - Ilustrasi Logo Premier League (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Liga Inggris 2024/2025 akan menyuguhkan pertarungan seru, di tengah perubahan yang terjadi. Yang terbesar, Liverpool ditinggal Jurgen Klopp yang mundur dan digantikan Arne Slot. 

Manchester United masih mempertahankan Erik ten Hag meskipun musim lalu tampil buruk. MU sudah berbenah dengan agresif berbelanja di bursa transfer. 

Advertisement

Peta persaingan di Liga Inggris 2024/2025 diprediksi tak banyak berubah. Klub-klub raksasa masih akan mendominasi. Kini, kompetisi memasuki pekan kedelapan. 

Premier League juga menjadi panggung bintang-bintang. Ada yang cemerlang, ada pula yang tidak.

2 dari 8 halaman

Bruno Fernandes

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes (kanan), terlibar pertikaian dengan bek Sheffield United, George Baldock, dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-13 di Bramall Lane, Sheffield, Kamis (17/12/2020). Manchester United menang 3-2 atas Sheffield United. (AFP/Peter Powell/Pool)

Dari sudut pandang pendukung Manchester United, tidak ada pemain yang direkrut pasca-Sir Alex Ferguson yang lebih berpengaruh daripada Bruno Fernandes.

Namun musim ini, dari kemenangan 1-0 atas Fulham hingga jeda internasional Oktober, pemain andalan asal Portugal itu telah gagal total.

Fernandes merupakan satu di antara gelandang pencetak gol terbaik di dunia. Tetapi, musim ini jauh berbeda. Fernandes lebih sering emosi dan mulai kehilangan kepercayaan dari basis penggemar klubnya.

3 dari 8 halaman

Joshua Zirkzee

Penyerang Manchester United, Joshua Zirkzee. (AFP/Darren Staples)

Manchester United bertekad untuk menambah penyerang tengah lain ke dalam skuad mereka. Bukan Ivan Toney, melainkan pemain muda Bayern Munich, Joshua Zirkzee.

Tidak dijamin dengan harapan bahwa ia akan mengantongi lebih dari 20 gol per musim, pemain asal Belanda itu direkrut untuk bertindak sebagai perekat yang, pada gilirannya, akan membantu pemain seperti Alejandro Garnacho dan Marcus Rashford.

Meskipun mencetak gol pada debutnya di Liga Inggris, mantan pemain Bologna itu belum tampil gemilang di Old Trafford dan masih banyak yang harus dibuktikan.

4 dari 8 halaman

Alexander Isak

Pemain Newcastle, Alexander Isak merayakan gol kedua timnya ke gawang West Ham United pada laga lanjutan Liga Inggris 2023/2024 di London Stadium, London, Inggris, Minggu (08/10/2023) malam WIB. Isak berhasil mencetak dua gol pada laga tersebut. (AFP/Henry Nicholls)

Dikenal luas sebagai salah satu penyerang terbaik di divisi teratas Inggris, mungkin hanya kalah dari Erling Haaland, ancaman gol Alexander Isak mulai memudar musim ini. Buktinya, dia hanya mencetak satu gol dalam 405 menit pertandingan.

Eddie Howe dan tim seharusnya merasa beruntung memiliki seseorang yang sangat berbakat. Tetapi jelas bahwa ia perlu menemukan lapisan konsistensi. Tujuh pertandingan dalam 24/25, kembalinya satu gol dan satu assist bukanlah hasil yang buruk, tetapi para penggemar berharap lebih dari mantan penyerang Real Sociedad itu.

5 dari 8 halaman

Dominik Szoboszlai

Pemain Liverpool, Mohamed Salah (kiri) melakukan selebrasi dengan Dominik Szoboszlai setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan Liga Premier Inggris melawan Brentford di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu, 25 Agustus 2024. (AP Photo/Rui Vieira)

Para penggemar Liverpool sangat gembira dengan kedatangan Dominik Szoboszlai pada musim panas 2023. Mantan pemain RB Leipzig itu mencetak 10 gol dan menyumbang 13 assist pada musim terakhirnya di Bundesliga, dengan kekuatan kaki kanannya yang luar biasa. 

Dibayangi oleh Alexis Mac Allister dan Ryan Gravenberch sejauh ini pada musim 2024/25, kapten Hungaria tersebut telah berjuang untuk menjadi jenius kreatif seperti yang diharapkan Arne Slot. Beruntung bagi pemain berusia 23 tahun itu, pelatihnya terus memberinya kesempatan untuk bersinar.

6 dari 8 halaman

Crysencio Summerville

Striker Leeds United, Crysencio Summerville menguasai bola saat menghadapi Fulham pada laga putrana kelima Piala FA 2022/2023 di Craven Cottage, London (28/2/2023). Dipromosikan ke tim senior Leeds United pada awal musim 2021/2022, pemain binaan Akademi Feyenoord ini telah mencetak 4 gol dan 2 assist bagi Leeds dari total 20 laga di Liga Inggris musim 2022/2023. (AFP/Glyn Kirk)

West Ham United memenangkan perlombaan untuk mendapatkan tanda tangannya, dengan membayar biaya lebih dari £25 juta plus bonus.

Pemain asal Belanda, yang mencetak 21 gol dan 10 assist dalam 49 pertandingan bersama Leeds pada 2023/24, agak mengecewakan setelah naik ke kasta teratas.

Di bawah Julen Lopetegui, dia belum bersinar.

7 dari 8 halaman

Cristian Romero

Bek Tottenham Hotspur Cristian Romero berebut bola dengan gelandang Manchester City Kevin De Bruyne pada pekan ke-26 Liga Inggris di Etihad stadium, Minggu (20/2/2022) dinihari WIB. Manchester City takluk 2-3 dari tim tamu, Tottenham Hotspur. (AP Photo/Jon Super)

Tottenham Hotspur memiliki kelemahan yang nyata dan itu mungkin berasal dari kekurangan Cristian Romero. Pemain Argentina itu sama sekali bukan pemain yang buruk. Namun, musim ini ia kurang mampu melakukan apa yang seharusnya.

Kecepatan Micky van de Ven memungkinkannya untuk sesekali keluar dari masalah di lini belakang Tottenham, tetapi kecerobohan pemenang Piala Dunia itu, terutama saat menjegal lawan, menjadi titik lemahnya.

8 dari 8 halaman

Matthijs de Ligt

Setelah sebelumnya bekerja di bawah asuhan Ten Hag di Ajax, banyak yang berasumsi bahwa ia akan terbiasa bermain di bawah rekan senegaranya.

Selain penampilannya sebagai Pemain Terbaik Pertandingan melawan Southampton, tidak banyak penampilan yang mengesankan. De Ligt terus berjuang untuk beradaptasi dengan sensasi dan tekanan sepak bola Inggris. 

Sumber: Givemesport

Berita Terkait