Bikin Keputusan yang Merugikan Timnas Indonesia, Wasit Ahmed Al Kaf Dapat Pengawalan Ketat

oleh Rizki Hidayat diperbarui 11 Okt 2024, 08:41 WIB
Pada menit ke-90+9 Timnas Indonesia malah kebobolan melalui Mohamed Marhoon mencetak gol setelah memanfaatkan situasi tendangan pojok. Skuad Garuda pun gagal meraih kemenangan perdananya dan laga berakhir dengan skor 2-2. (AFP/Hector Retamal)

Bola.com, Riffa - Wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin duel Bahrain versus Timnas Indonesia pada laga ketiga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 mengambil keputusan kontroversial. Selepas duel, Ahmed mendapat pengawalan ketat dari petugas keamanan.

Timnas Indonesia bersua Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB. Tim Garuda tertinggal lebih dulu setelah setelah Mohamed Marhoon mengukir namanya di papan skor pada menit ke-15.

Advertisement

Namun, pasukan Shin Tae-yong tersebut tak patah arang. Timnas Indonesia berhasil berbalik unggul 2-1 berkat gol Ragnar Oratmangoen pada menit ke-45+3 dan Rafael Struick menit ke-74.

Namun, tiga poin yang sudah digenggaman Tim Merah Putih harus terlepas pada injury time babak kedua. Gol Mohamed Marhoon pada menit ke-90+9, membuat duel Bahrain versus Timnas Indonesia berakhir imbang 2-2.

Ahmed Al Kaf Dikawal

2 dari 4 halaman

Wasit Ahmed Al Kaf Jadi Sorotan

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Bahrain pada Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2025 yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) diwarnai dengan kontroversi dari wasit Ahmed Al Kaf. (AFP/Karim Jaafar)

Hasil imbang Timnas Indonesia versus Bahrain mendapat sorotan tajam, terutama kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf. Wasit asal Oman tersebut memberikan waktu tambahan babak kedua yang tak sesuai dengan petunjuk dari wasit keempat.

Berdasarkan papan petunjuk dari ofisial keempat di pinggir lapangan, Qasim Al-Hatmi, waktu tambahan babak kedua adalah enam menit. Namun, wasit Ahmed Al Kaf tidak meniup peluit berbunyi panjang tanda laga usai hingga menit ke-90+6.

Timnas Bahrain pun akhirnya menyamakan skor pada menit ke-90+9. Selepas gol tersebut, Ahmed Al Kaf baru menyudahi duel pada menit ke-90+11.

Selepas pertandingan, sejumlah pemain Timnas Indonesia, termasuk Shayne Pattynama, terlihat emosi dengan wasit berkepala plontos itu. Kemenangan di depan mata Timnas Indonesia atas Bahrain seolah direnggut oleh Ahmed Al Kaf.

 

3 dari 4 halaman

Mendapat Pengawalan Ketat

Untuk melindungi Ahmed Al Kaf, petugas keamanan langsung mengelilingi sang wasit. Ahmed mendapatkan pengawalan ketat hingga keluar dari lapangan dan masuk ke ruang wasit.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyoroti kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai kepemimpinan wasit sangat bias, dan memaklumi kekesalan anak asuhnya.

"Jika Anda menyaksikan pertandingan ini, mungkin Anda akan paham mengapa para pemain kami sangat marah. Waktu tambahan adalah enam menit, dan itu nyatanya lebih dari enam menit," kata Shin Tae-yong.

"Keputusan wasit semua bias. Ketika kami menghalau pemain Bahrain, Anda tahu ini akan terjadi tendangan bebas. Jadi menurut saya semua orang tahu mengapa pemain kami sangat marah," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Hasil dan Klasemen Grup C

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 6
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait