Australia Vs China 3-1: Tony Popovic Puji Penampilan Baru Socceroos yang Tenang dan Positif

oleh Aning Jati diperbarui 11 Okt 2024, 12:30 WIB
Aidan O'Neill dari Australia menyundul bola selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 zona Asia antara Australia dan Cina di Adelaide pada 10 Oktober 2024. (Brenton Edwards/AFP)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Australia, Tony Popovic, memuji para pemainnya atas penampilan yang "tenang dan positif" setelah mereka bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan China 3-1 dalam pertandingan pertamanya sebagai pelatih.

Popovic mengambil alih posisi pelatih Timnas Australia dari Graham Arnold setelah awal yang mengecewakan di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yang membuat Australia kalah di kandang sendiri dari Bahrain sebelum bermain imbang dengan Indonesia.

Advertisement

The Socceroos juga tertinggal dalam pertandingan ketiga Grup C, Kamis (10/10/2024), setelah China yang berada di posisi terbawah memimpin di Adelaide Oval, tetapi tim Popovic membalas dengan gol-gol dari Lewis Miller, Craig Goodwin, dan Nishan Velupillay.

"Begitu banyak yang terjadi dalam dua minggu, sejujurnya beberapa di antaranya agak kabur," kata Popovic setelah kemenangan itu.

"Begitu saya datang, ada begitu banyak yang harus dilakukan selama dua minggu, khususnya ketika Anda ingin mengubah seluruh cara bermain dengan sistem yang berbeda."

“Saat pertandingan dimulai, rasanya luar biasa, semuanya terasa benar dan saya merasa nyaman dengan tim, nyaman dengan staf," lanjut pelatih berusia 51 tahun itu.

 

 

Bahkan saat timnya tertinggal 0-1, Popovich merasa timnya bisa tetap tenang dan positif sepanjang pertandingan.

"Saya senang untuk mereka karena ini juga merupakan perubahan besar bagi mereka," kata Popovich, yang didapuk sebagai pelatih Timnas Australia pada 23 September 2024.

2 dari 3 halaman

Merespons Situasi

Xie Wenneng dari Timnas China merayakan gol yang dicetaknya bersama rekan setimnya selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 zona Asia antara Australia dan China di Adelaide pada 10 Oktober 2024. (Brenton Edwards/AFP)

Popovic sempat mendapat pukulan, hanya 20 menit setelah pertandingan pertamanya sebagai pelatih The Socceroos ketika Xie Wenneng membawa China unggul.

Namun, Socceroos menyamakan kedudukan tepat sebelum jeda melalui Miller dan memimpin delapan menit memasuki babak kedua berkat tendangan brilian Goodwin dari luar kotak penalti.

Pemain debutan Velupillay kemudian memastikan kemenangan setelah menemukan sudut atas gawang di waktu tambahan.

Popovic senang dengan bagaimana para pemainnya merespons situasi ketertinggalan itu.

"Saya pikir indikatornya adalah lima menit berikutnya setelah gol itu di mana kami terus bermain dengan cara yang sama, saya pikir bagi saya dan staf itu adalah indikasi yang jelas bahwa para pemain baik-baik saja," jelasnya.

"Itu selalu bisa menjadi periode yang menegangkan di mana Anda mulai memaksakan aksi dan ada peluang untuk kebobolan gol lagi, tetapi mereka tampak sangat tenang dan terus bermain."

"Itu pertanda baik bagi kami. Tentu saja gol itu membantu sebelum turun minum, kemudian saya pikir di babak kedua kami membaik di lini tengah dan sepertiga depan dengan bola dan memberi kami lebih banyak peluang untuk mencetak gol," ucap Popovich.

 

Sumber: Optus Sport

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup C Putaran Ketiga Piala Dunia 2026 Zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 6
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait