Timnas Indonesia Dicurangi Wasit pada R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Podcaster Irak: Kami Sangat Memahami Penderitaan Anda

oleh Ana Dewi diperbarui 11 Okt 2024, 14:00 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Bahrain Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Bukan hanya pencinta sepak bola Tanah Air saja yang dibuat geram dengan kepemimpinan wasit Ahmed Al-Kaf. Podcaster asal Irak pun ikut emosi menyaksikan duel Bahrain versus Timnas Indonesia.

Tim Garuda bersua Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, pada laga ketiga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis (10/10/2024) malam WIB.

Advertisement

Duel kedua tim berlangsung sengit dan ketat sejak menit awal. Timnas Indonesia yang sempat unggul 2-1 hingga menit ke-90, akhirnya harus puas bermain imbang 2-2 kontra tuan rumah.

Gol tim berjulukan Garuda itu dicetak Ragnar Oratmangoen pada menit ke-45+3' dan Rafael Struick (74'). Sementara itu, dua gol Bahrain diborong Mohamed Marhoon (15', 90+9').

Hasil tersebut membuat Tim Garuda kini berada di peringkat kelima Grup C dengan koleksi tiga poin dari tiga laga. Selanjutnya, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas China di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

 

2 dari 4 halaman

Kontroversi

Wasit Ahmed Al Kaf tak segera meniup peluit tanda akhir pertandingan meski injury time melebihi waktu yang ditentukan, yaitu 6 menit. (AFP/Hector Retamal)

Kinerja Ahmed Al-Kaf memang membuat geleng-geleng kepala. Tidak sedikit keputusan kontroversial yang dibuat wasit asal Oman tersebut. Alhasil, laga ini ramai menjadi perbincangan di jagad maya.

Selain muak dengan drama guling-guling pemain Bahrain, kemarahan netizen makin menjadi lantaran Ahmed Al-Kaf gampang memberikan pelanggaran ringan bagi Timnas Indonesia.

Puncaknya terjadi pada injury time babak kedua. Ofisial keempat memberikan waktu tambahan selama enam menit. Namun, Ahmed Al-Kaf belum juga meniup peluit akhir meski tambahan waktu sudah berakhir.

Alhasil, Timnas Bahrain berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-90+9. Hanya dua menit berselang setelah gol Bahrain, wasit Ahmed menyudahi pertandingan.

Podcaster asal Irak, Iraq Football Podcast menjadi satu di antara banyak pihak yang mengecam Ahmed Al-Kaf. Kekesalan itu diungkapkan lewat akun X mereka pada Jumat (11/10/2024).

"Kepada saudara-saudari saya di Indonesia, saya hanya ingin mengatakan bahwa kami, warga Irak, sangat memahami penderitaan Anda," tulis Iraq Football Podcast.

"Percayalah, kami tahu bahwa peran wasit di sepak bola Asia bisa dipertanyakan pada saat-saat terbaik. Tanyakan saja pada Aymen Hussein dan Rebin Sulaka," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Ajukan Protes

Shin Tae-yong melakoni laga ke-50 sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia saat bertandang ke markas Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (10/10/2024). (Dok. PSSI)

PSSI tidak tinggal diam. Pasca laga, organisasi kepemimpinan Erick Thohir itu melaporkan insiden tersebut ke FIFA dan AFC.

Sementara di sisi lain, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga ikut menyentil wasit Ahmed Al Kaf yang menggalkan kemenangan timnya. Arsitek asal Korea Selatan itu menyebut keputusan sang pengadil bias.

"Saya harus mempertanyakan tentang hal yang memalukan mengenai keputusan wasit. Jika wasit ingin berkembang maka keputusan wasit juga harus membaik," ujar Shin Tae-yong.

"Jika kalian menyaksikan partai ini, kalian pasti memahami mengapa para pemain kami menjadi marah. Tambahan waktu adalah enam menit, itu sudah lebih dari 90 menit, keputusan wasit semuanya bias."

"Ketika pemain kami memperebutkan bola, pemain Bahrain berusaha mendapatkan pelanggaran, saya pikir semua orang tahu mengapa para pemain kami marah," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Hasil dan Klasemen Grup C

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 6
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait