Ayah dan Kakak Son Heung-min Dijatuhi Hukuman atas Tindak Kekerasan terhadap Anak

oleh Aning Jati diperbarui 12 Okt 2024, 14:45 WIB
Tottenham Hotspur sukses mendulang tiga poin dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris 2023/2024 setelah mengalahkan Bournemouth 3-1 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Minggu (31/12/2023) malam WIB. Dalam laga di pengujung tahun 2023 tersebut yang juga menjadi laga perpisahan sementara Song Heung-min yang akan berlaga di Piala Asia 2023, bintang Korea Selatan tersebut ikut menyumbang satu gol. Dua gol lainnya dicetak oleh Pape Matar Sarr dan Richarlison. Sementara satu-satunya gol tim tamu dihasilkan oleh Alex Scott. (AP Photo/Ian Walton)

Bola.com, Jakarta - Son Woong-jung, pelatih sepak bola sekaligus ayah dari Son Heung-min, diperintahkan oleh pengadilan setempat untuk membayar denda terkait tuduhan pelecehan terhadap pemain muda di Son Football Academy.

Pengadilan Distrik Chuncheon, sekitar 75 kilometer timur laut Seoul, memutuskan bahwa Son Woong-jung dan putranya, Son Heung-yun (kakak Son heung-min), serta seorang pelatih lainnya dari Son Football Academy harus membayar denda masing-masing sebesar 3 juta won (sekitar Rp34,6 juta).

Advertisement

Selain itu, mereka juga diwajibkan menyelesaikan 40 jam program perawatan pelecehan anak.

Ketiganya masih memiliki hak untuk mengajukan banding atas putusan ini dalam waktu tujuh hari jika mereka memilih untuk meminta persidangan ulang.

Keputusan tersebut datang setelah jaksa penuntut di Chuncheon mendakwa Son dan stafnya sekitar dua bulan sebelumnya. Mereka dituduh melakukan pelecehan fisik dan verbal terhadap pemain muda yang berlatih di Son Football Academy.

Son Football Academy merupakan akademi sepak bola yang didirikan Son Heung-min bersama ayah dan kakaknya, bujet pendirian akademi sepak bola ini dikabarkan mencapai 11 juta pound (Rp223,7 miliar), di mana dananya mayoritas berasal dari kapten Tottenham Hotspur tersebut.

 

 

2 dari 2 halaman

Kronologi Kasus

Son Heung-min bergabung dengan Tottenham dari Bayer Leverkusen pada musim 2015/2016. Sejak saat itu hingga musim ini Son selalu mencetak gol di Liga Inggris. Ia pernah menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Inggris 2021/2022 dengan torehan 23 gol dari 35 penampilan. Hingga saat Son telah mencetak 109 gol di ajang Premier League dan akan terus bertambah mengingat dirinya masih menjadi andalan di lini depan The Liliywhites. (AFP/Henry Nicholls)

Kasus ini berawal dari laporan orang tua satu di antara pemain, yang menuduh Son dan stafnya melakukan kekerasan selama kamp pelatihan di Okinawa, Jepang, Maret lalu.

Orang tua tersebut mengklaim bahwa putra mereka mengalami cedera di bagian paha setelah dipukul dengan bendera sudut oleh Son Heung-yun, dan cedera itu membutuhkan waktu dua minggu untuk sembuh.

Selain itu, mereka menuduh Son Woong-jung sering melontarkan kata-kata kasar kepada para pemain selama sesi pelatihan di kamp tersebut.

Son Woong-jung membantah sebagian besar tuduhan yang dilayangkan terhadap dirinya dan staf akademinya, dengan menyatakan bahwa semua tindakannya didasarkan pada niat baik dan cinta terhadap para pemain di akademi tersebut.

 

Sumber: Yonhap

Berita Terkait