Timnas Indonesia Masuk Jajaran Tim Tak Terkalahkan di R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Modal Bagus untuk Bungkam China

oleh Rizki Hidayat diperbarui 12 Okt 2024, 08:45 WIB
Malik Risaldi dipercaya oleh pelatih Shin Tae-yong menjadi satu-satunya pemain Liga 1 yang menjadi starter pada laga tersebut. Ia dipercaya tampil sepanjang 58 menit sebelum digantikan oleh Marselino Ferdinan. (Dok. PSSI)

Bola.com, Jakarta - Meski hanya mampu bermain imbang kontra Bahrain, hasil tersebut membuat Timnas Indonesia belum tersentuh kekalahan di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Torehan itu pun menjadi modal bagus Tim Garuda untuk membungkam China.

Timnas Indonesia bersua Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa pada laga ketiga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (10/10/2024) malam WIB.

Advertisement

Bermain di kandang lawan, Tim Garuda tertinggal lebih dulu setelah Mohamed Marhoon mencetak gol lewat tendangan bebas pada menit ke-15. Namun, anak asuh Shin Tae-yong tersebut tak patah arang.

Timnas Indonesia berhasil berbalik unggul lewat gol Ragnar Oratmangoen pada menit ke-45+3 dan Rafael Struick menit ke-74. Sayangnya, kemenangan Tim Garuda yang sudah didepan mata harus buyar pada injury time.

Bola hasil sontekan Mohamed Marhoon pada menit ke-90+9 menghujam deras gawang Timnas Indonesia yang dikawal Maarten Paes. Sampai duel berakhir, skor 2-2 tetap bertahan.

 

2 dari 4 halaman

Keputusan Kontroversial Wasit

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Bahrain pada Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) diwarnai dengan kontroversi dari wasit Ahmed Al Kaf. (AFP/Karim Jaafar)

Kegagalan Timnas Indonesia memetik kemenangan tak lepas dari keputusan kontroversial wasit asal Oman, Ahmed Abu Bakar Said Al Kaf. Sang wasit memberikan waktu tambahan babak kedua yang tak sesuai dengan petunjuk dari ofisial keempat.

Padahal wasit keempat, Qasim Al-Hatmi, memperlihatkan papan petunjuk waktu tambahan hanya enam menit. Namun, wasit Ahmed Al Kaf tidak meniup peluit berbunyi panjang tanda laga usai pada menit ke-90+6.

Timnas Bahrain lantas menyamakan skor pada menit ke-90+9. Selepas gol kedua Mohamed Marhoon, Ahmed Al Kaf baru menyudahi duel pada menit ke-90+11.

 

3 dari 4 halaman

Belum Terkalahkan

Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 kontra Bahrain pada laga ketiga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB. Duel itu diwarnai keputusan kontroversial wasit, karena gol kedua Bahrain dicetak melebihi waktu tambahan yang ditetapkan. (dok. PSSI)

Kendati gagal menang melawan Bahrain, Timnas Indonesia berhasil memperpanjang catatan tak terkalahkan di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Jay Idzes dkk. berhasil memetik hasil imbang dari tiga pertandingan yang sudah dijalani.

Timnas Indonesia sejajar dengan lima tim elite Asia yang juga belum menelan kekalahan di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Kelima tim tersebut adalah Uzbekistan (2 menang; 1 imbang) dan Iran (2 menang; 1 imbang) di Grup A.

Selain itu, ada juga Korea Selatan (2 menang; 1 imbang) serta Irak (2 menang; 1 imbang) di Grup B, serta Jepang (3 kemenangan) di Grup C.

Berkat tiga hasil imbang tersebut, Timnas Indonesia kini berada di tempat kelima Grup C dengan mendulang tiga poin. Mereka tertinggal satu angka dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain yang menempati tempat kedua sampai keempat, serta enam poin dari Jepang di urutan teratas.

 

4 dari 4 halaman

Raih Kemenangan Perdana di China?

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - China Vs Timnas Indonesia - Alternatif 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Pada pertandingan keempat Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia akan bersua China di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Melakoni duel ini, Timnas Indonesia dijagokan memetik kemenangan. Apalagi, China saat ini adalah tim dengan catatan terburuk di Grup C, yakni tiga kekalahan beruntun.

"Dengan pertandingan berikutnya pada Selasa melawan China yang sedang terpuruk -- yang telah kalah dalam ketiga pertandingan sejauh ini. Mungkin Timnas Indonesia tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk mengklaim kemenangan bersejarah," tulis jurnalis ESPN, Gabriel Tan.

Berita Terkait