BRI Liga 1: Setelah Libur 11 Hari, PSM Kembali Gelar Latihan Demi Petik 3 Poin Kontra Madura United

oleh Ana Dewi diperbarui 12 Okt 2024, 16:15 WIB
Striker asing Persija Jakarta, Gustavo Almeida, saat berusaha mempertahankan bola dari rebutan pemain PSM Makassar, Yuran Fernandes, dalam duel yang berlangsung di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Minggu (29/9/2024). (Bola.com/Radifa Arsa)

Bola.com, Makassar - Skuad PSM Makassar kembali menggelar latihan setelah mendapatkan waktu liburan selama 11 hari. Para pemain berlatih di Stadion Kalegowa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/10/2024) sore WIB.

Terdekat, PSM Makassar akan berjumpa Madura United FC pada pekan kedelapan BRI Liga 1 2024/2025. Duel kedua tim berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (18/10/2024).

Advertisement

Manajemen tim berjulukan Juku Eja itu memang memilih untuk memberikan libur pemain pada awal jeda kompetisi. Tujuannya agar skuad PSM bisa lebih bugar setelah melakoni jadwal padat pada September.

Energi mereka terkuras lantaran harus berlaga di dua kompetisi berbeda. Selain di BRI Liga 1, Tim Juku Eja juga ambil bagian di ASEAN Club Championship 2024.

"Latihan akan mulai lagi di tanggal 12 Oktober. Harapan kami pemain kembali dalam kondisi bugar. Tidak lagi ada yang kelelahan karena padatnya jadwal bulan lalu," ujar Manajer PSM Makassar, Muhammad Nur Fajrin seperti dikutip dari laman PT LIB, Sabtu (12/10/2024).

 

2 dari 4 halaman

Mulai Menurun

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares (kanan) didampingi pelatih fisik, Paulo Renato Duarte saat menghadapi Persis Solo pada laga matchday kedua Grup A Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (22/7/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Skuad PSM Makassar langsung diliburkan setelah pertandingan pekan ketujuh melawan Persija Jakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul (29/9/2024). Laga pada September itu ditutup dengan skor imbang 1-1.

Dengan hasil itu, sudah empat pertandingan dilalui PSM tanpa kemenangan. Performa tim besutan Bernardo Tavares itu perlahan menurun dan mulai kesulitan memetik tiga poin.

Saat ini, PSM berada di urutan lima klasemen sementara BRI Liga 1 dengan koleksi 12 poin. Selain susah menang, Tim Juku Eja juga kepayahan dalam membobol gawang lawan dan cuma mencetak satu gol di empat laga terakhir.

Selain menghadapi jadwal padat, kondisi tim diperparah dengan banyaknya pemain cedera. Sebut saja Nermin Haljeta, Daisuke Sakai, Reza Arya Pratama dan Muhammad Arfan. Dua nama terakhir bahkan menepi sebelum kompetisi dimulai.

Bernardo Tavares menyebut masih ada sejumlah pemain yang tidak dalam kondisi 100 persen. Kondisi tidak menguntungkan seperti ini yang menjadi kendala PSM kesulitan meraih kemenangan dalam empat laga terkini.

 

3 dari 4 halaman

Jeda FIFA Matchday

Pemain PSM Makassar, Aloisio Soares Neto berebut bola dengan pemain Persib Bandung, Mateo Kocijan pada laga pembuka Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (19/07/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

BRI Liga 1 2024/2025 sedang memasuki masa rehat. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu diliburkan sejak 1-16 Oktober 2024 karena jeda internasional.

Selama FIFA Matchday, Timnas Indonesia menghadapi dua laga di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Setelah bermain imbang 2-2 kontra Timnas Bahrain, Kamis (10/10/2024). Selanjutnya Garuda ditantang China, Selasa, 15 Oktober 2024.

Sementara di sisi lain, sepanjang Oktober PSM Makassar hanya akan bertanding sebanyak dua kali. Setelah melawan Madura United, Juku Eja bakal bersua Persebaya Surabaya (23/10/2024).

"Kami harus segera fokus ke pertandingan selanjutnya dan terus bekerja keras untuk menang,” tekad bek PSM Makassar asal Brasil, Aloisio Neto.

4 dari 4 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait