Sah! Erick Thohir Salaman dengan Kevin Diks: Selamat Bergabung di Timnas Indonesia

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 12 Okt 2024, 16:23 WIB
Ketua PSSI, Erick Thohir bersama Kevin Diks. (Bola.com/Dok.Instagram Erick Thohir)

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, bersalaman dengan Kevin Diks, bek FC Copenhagen di Liga Denmark yang akan dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

"Makan siang bersama pemain FC Copenhagen yang mempunyai keturunan Indonesia. Tidak lupa salaman," tulis Erick Thohir dalam akun Instagramnya, @erickthohir, Sabtu (12/10/2024).

Advertisement

"Selamat bergabung di Timnas Indonesia, Kevin Diks," tutur pria yang juga Menteri BUMN RI tersebut.

Kevin Diks lahir di Apeldoorn, Belanda, pada 6 Oktober 1996. Darah Indonesianya mengalir lewat ibunya, Natasja Diks-Bakarbessy, yang berasal dari Ambon, Maluku.

2 dari 4 halaman

Bermain untuk FC Copenhagen

Kevin Diks, bek tengah FC Copenhagen berusia 27 tahun ini merupakan pesepak bola Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia, tepatnya dari Ambon. Saat ini ia tengah menjalani musim ketiga bersama FC Copenhagen. (AFP/Ritzau Scanpix/Liselotte Sabroe)

Nama lengkap Kevin Diks adalah Kevin Diks Bakarbessy. Nama terakhirnya ialah marga yang terdapat di Waai, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Kevin Diks bermain untuk FC Copenhagen sejak 2021. Sejak saat itu, ia bermain 144 kali untuk FC Copenhagen, termasuk 17 kali di Liga Champions.

Sebelumnya, kepada media Denmark, Bold, pada beberapa waktu lalu, Kevin Diks mengaku telah didekati PSSI, yang membuatnya mempertimbangkan tawaran untuk memperkuat Timnas Indonesia.

3 dari 4 halaman

Pengakuan Kevin Diks

"Mereka sebenarnya untuk pertama kalinya menelepon agen saya. Ini jelas merupakan kehormatan besar bahwa mereka merasa saya akan menjadi tambahan yang berharga untuk tim," ujar Kevin Diks sambil tersenyum lebar.

"Timnas Indonesia telah berkembang sangat cepat dan makin banyak pemain yang seperti saya memiliki dua kewarganegaraan, dan bergabung ke dalam tim," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Langganan Belanda Junior

"Mereka sebenarnya memiliki kesempatan untuk lolos ke Piala Dunia kali ini, dan mereka mungkin memiliki kesempatan lebih besar jika lebih banyak pemain bergabung," tutur Kevin Diks.

Palang pintu berpostur 186 cm itu belum pernah berlaga untuk Timnas Belanda level senior, melainkan hanya untuk Timnas Belanda U-21, U-20, dan U-19.

Berita Terkait